Tidur Tanpa Bantal? Ini Manfaat yang Didapat

15 Maret 2016 Artikel Kesehatan


Tidur sudah merupakan salah satu insting alami yang dimiliki oleh makhluk hidup, tidak terkecuali bagi manusia. Biasanya, secara natural manusia tidur pada malam hari setelah beraktivitas selama seharian yang menguras tenaga. Tidur bermanfaat untuk mengisi kembali energi hari ini yang telah terkuras habis ketika beraktivitas seharian. Memilih tidur tanpa menggunakan bantal, ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Walau ada beberapa orang yang tidak dapat terlelap jika tanpa bantal yang empuk, namun keberadaan bantal bisa sesekali Anda hilangkan dari tempat tidur jika Anda ingin memperoleh manfaatnya. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh jika Anda tidak memakai bantal saat tidur?

Kecantikan
Bantal adalah benda yang banyak mengandung kuman dan kotoran, sehingga meminimalkan penggunaannya akan baik untuk kulit wajah yang lebih bersih. Selain itu, memakai bantal disebut-sebut memicu munculnya keriput, terutama saat Anda dalam posisi menyamping. Jadi meninggalkan bantal dipercaya menjadikan wajah tidak mudah mengalami keriput.

Hindarkan cedera tulang leher
Terlalu banyak menunduk saat melihat gadget atau menulis dan aktifitas lainnya, juga dapat membuat tulang leher cedera yang memicu rasa nyeri timbul. Anda perlu meluruskan posisi leher kembali dengan tidur dalam posisi tulang lurus tanpa ganjalan bantal. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah di wilayah tersebut.

Mengurangi rasa lelah dengan cepat
Dengan tidur tanpa menggunakan bantal akan menghilangkan rasa lelah dengan cepat. Jika anda memiliki rasa lelah yang berlebih pada otot, coba aja tidur tanpa bantal, maka rasa lelah itupun akan dengan cepat hilang. Ini dikarenakan saat tidur tanpa bantal tubuh menjadi lurus dan rileks, dan mempermudah darah mengalir di seluruh tubuh.

Tulang belakang ideal
Apabila Anda kerap merasakan nyeri pada tulang belakang, pegal akibat terlalu banyak mengangkat beban dan duduk terlalu lama, maka perlu Anda coba untuk tidur tanpa bantal. Luruskan punggung dan leher Anda, berbaring sejajar dan cobalah untuk rileks. Tulang punggung akan lurus kembali ke posisi ideal, dan itu mengurangi nyeri.

Tidur lebih nyenyak
Ada pendapat ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa memakai bantal, terutama yang tidak empuk, akan membuat kualitas tidur menjadi buruk. Sebaliknya, dengan memakai bantal maka kualitas tidur Anda akan jadi lebih baik.

Pasti perbedaan menggunakan bantal dan tanpa bantal sangatlah beda, apalagi Anda selama ini tidak bisa tidur jika tanpa bantal. Maka setelah Anda tidak menggunakan bantal saat tidur, rasa tersebut sangat tidak nyaman. Tapi, setelah Anda tau manfaat tidur tanpa bantal maka silakanAnda praktekkan sendiri dan gunakan hal yang terbaik untuk gaya hidup sehat Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)