Tidur Sehat Bangun Segar dengan Feng Shui

16 Agustus 2010 Artikel Kesehatan


Dekorasi dan penataan kamar tidur ditengarai berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Kamar yang telah menganut prinsip fengshui dipercaya membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan hubungan Anda sehingga lebih romantis. Berikut beberapa cara mengatur kamar tidur Anda berdasarkan feng shui.

1. Posisi tempat tidur
Posisi tempat tidur ideal yakni posisi di mana Anda dapat melihat pintu kamar sambil berbaring. Menurut feng shui, pemandangan pintu kamar dipercaya memberikan rasa aman saat beristirahat sehingga bisa lebih rileks dan tidur nyenyak. Sebaiknya letakkan tempat tidur di pojok ruangan berhadapan secara diagonal dengan pintu.

Tempatkan kepala tempat tidur menempel pada dinding, jangan membelakangi jendela atau jauh dari dinding. Kepala tempat tidur yang menempel pada jendela dipercaya akan menghambat energi chi untuk keluar-masuk ruangan sehingga tidur pun akan gelisah. Jika Anda menggunakan tempat tidur untuk dua orang, pastikan ada jalan keluar berukuran sama di kedua tempat tidur agar bisa bangun dengan mudah.

2. Gunakan kamar tidur sesuai fungsinya
Televisi, komputer, alat kebugaran yang Anda letakkan di kamar dinilai akan menganggu istirahat dan melambangkan kelemahan serta pengurasan energi. Jika Anda tetap mempertahankan televisi Anda, letakkan di dalam lemari dan tutuplah pintu saat tidur. Atau, bisa juga menutupi televisi dengan kain saat malam hari.

3. Pertahankan kerapian kamar
Anda tentu lebih menyukai saat kamar dalam kadaan rapi bukan? Menurut feng shui kamar yang berantakan akan menghambat peredaran energi chi, menyebabkan stagnasi, menganggu tidur, dan mencegah kemajuan dalam hidup. Jangan jadikan area kosong di bawah tempat tidur menjadi tempat penyimpanan. Kosongkanlah area itu sebisa mungkin. Lemari baju Anda sebaiknya juga rapi dan ingatlah untuk menutup pintu pada malam hari. Agar rapi, secara bertahap, keluarkanlah pakaian yang sudah Anda tidak gunakan lagi dan berikan atau sumbangkan ke yang membutuhkan. Meja rias pun harus rapi dan jangan menumpuk buku di meja.

4. Proporsi cermin
Menurut feng shui, bila Anda merasa gelisah saat tidur mungkin cerminlah penyebabnya. Cermin dapat membaurkan energi di dalam ruangan sehingga Anda tak dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu, cermin juga menimbulkan rasa cemas.

Jangan meletakkan cermin di atas atau di sisi tempat tidur karena ditengarai dapat Anda tak dapat melihat bayangan sendiri saat berbaring. Konsultan feng shui juga menyarankan agat tak menggantung cermin berseberangan dengan tempat tidur karena dinilai dapat memunculkan pihak ketiga dalam suatu hubungan dan mendorong adanya perselingkuhan. Maka itu, jangan gunakan cermin berukuran besar di dalam kamar atau tutupi saja dengan kain saat Anda hendak tidur.

5. Pilih aksesori kamar yang menenangkan
Saat memilih aksesori untuk kamar hindari bentuk atau gambar yang menyedihkan yang jumlahnya hanya satu yang menyimbolkan kesendirian. Hindari gambar air yang mengalir seperti air terjun, danau, atau sungai. Meski dalam feng shui air menyimbolkan uang dan dipandang baik untuk dihadirkan di beberapa ruangan lain dalam rumah, air dalam kamar tidur ternyata dinilai dapat mendiring perilaku boros. Selain itu, pilih aksesori yang berpasangan, jangan hanya satu. Daripada yang berbentuk lingkatan atau oval, lebih baik pilih hiasan yang memiliki sudut tajam.

6. Pilih warna seimbang untuk kamar
Menurut feng shui, warna-warna hangat yang mendekati warna kulit, seperti krim, peach, beige, kuning, coral, dan cokelat muda dianggap menenangkan. Warna biru, hijau, dan ungu lembut dapat membuat suasana lebih rileks dan kondusif untuk tidur. Sementara itu, warna-warna dingin seperti abu-abu, biru, atau putih dipercaya dapat menganggu relaksasi.

Meskipun manfaat feng shui unutk kamar tidur belum dapat dibuktikan secara ilmiah dapat meningkatkan kualitas tidur, apabila Anda merasakan gangguan tidur dan menemui kegagalan, beberapa tips di atas membatu untuk membuat kamar menjadi tempat yang nyaman dan menenangkan untuk tidur sehingga kualitas pun meningkat. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com