Tidak Ingin Gigi Kuning? Hindari Makanan dan Minuman Ini

9 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Mempunyai gigi putih dan bersih pastinya dambaan setiap orang. Selain meningkatkan percaya diri, memiliki gigi putih juga sekaligus menandai akan sehatnya gigi Anda. Namun, apa daya makanan atau minuman yang sering dikonsumsi justru membuat gigi Anda menguning dan menurunkan kepercayaan diri terutama saat berbicara pada lawan bicara.

Beberapa makanan atau minuman memang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Salah satunya ialah makanan dan minuman yang mengandung zat warna mencolok yang akan meninggalkan noda pada gigi.

Semakin kuat dan mencolok warna pada makanan tersebut maka potensinya untuk mengubah warna gigi semakin besar. Perlu diketahui bahwa warna yang terdapat dalam makanan dan minuman berasal dari chromogens yang merupakan molekul berpigmen yang bisa menempel pada gigi.

Selain chromogens, hal lainnya yang menyebabkan kuningnya warna gigi ialah kandungan zat asam dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Maka dari itu, jika ingin mempertahankan gigi Anda dengan baik, sebaiknya mulai dari sekarang Anda harus berhati-hati ketika mengkonsumsi makanan dan minuman yang membuat gigi Anda kuning.

Lalu, apa saja sih makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari jika tidak ingin gigi kuning?

Kari

Warna kuning pada makanan bersantan khas Asia ini juga merupakan makanan yang termasuk membuat gigi Anda menjadi kuning.

Saus Tomat

Seperti kita tahu, tomat mengandung rasa asam. Hal inilah yang membuat saus tomat menjadi salah satu makanan yang membuat gigi Anda kuning. Namun, jika Anda penggemar saus tomat, Anda bisa mensiasatinya dengan menambahkan bayam dalam menu yang dicampur saus tomat tersebut.

Minuman Bersoda

Tidak bisa dipungkiri, kandungan asam dan zat pewarna pada minuman bersoda cukup tinggi dan bisa menyebabkan gigi bernoda. Soda juga mengandung perasa dan pemanis buatan yang membuat gigi keropos.

Buah Beri

Buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi ini ternyata dapat membuat gigi Anda kuning. Warnanya yang pekat dan lengket di gigi menjadikan buah beri seperti Raspberries, blackberries, dan blueberries penyebab kuningnya gigi. Solusinya ialah dengan berkumur atau minum air putih setelah mengkonsumsinya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)