Tiap Tahun 3 Juta Orang ke Ugd Karena Sakit Kepala

24 Mei 2011 Artikel Kesehatan


Setiap tahunnya sekitar tiga juga orang di Amerika dilarikan ke unit gawat darurat (UGD) karena sakit kepala. Lebih dari 35 persennya menderita migren atau sakit kepala sebelah.

Hampir 97 persen pasien tersebut berhasil diobati dan diperbolehkan pulang, hanya 2,4 persen yang membutuhkan perawatan lanjutan. Dari 81.000 yang perlu perawatan, 63 persen diantaranya disebabkan karena migren.

Nyeri kepala tipe migren biasanya dimulai pada pagi atau siang hari dengan rasa nyeri yang menetap dan semakin terasa berat pada salah satu sisi kepala dan semakin menjalar. Biasanya mencapai puncaknya dalam beberapa menit hingga satu atau dua jam.

Beberapa pasien mengalam derita yang tidak tertahankan. "Pasien datang ke UGD dan berpikir mereka akan mati," kata Audrey Halpern, dari New York University's School of Medicine.

Petugas rumah sakit terkadang menemukan penyebab sakit kepala yang serius, namun mayoritas sakit kepala disebabkan hal yang tidak berbahaya.

Data yang dikeluarkan oleh Agency for Healthcare Research and Quality itu dihasilkan dari data rawat inap dan kunjungan rumah sakit selama tahun 2008 di rumah sakit swasta di Amerika Serikat. Sakit kepala yang menyebabkan pasien di rawat di rumah sakit diperkirakan menghabiskan biaya lebih dari 408 juta dollar Amerika.

Pasien yang datang ke unit gawat darurat biasanya karena nyeri kepala yang hebat untuk mencari pengobatan atau karena mereka takut mengalami kondisi yang mengancam nyawa.

Dalam laporan juga disebutkan pasien perempuan lebih banyak yang datang karena keluhan nyeri kepala dibanding laki-laki. Hampir 74 persen adalah wanita. Seperti diketahui migren memang tiga kali lebih sering dialami perempuan dibanding laki-laki.

Selain migren, penyebab sakit kepala paling sering adalah sakit kepala tipe tegang (tension headache). "Sekitar 80 persen orang pernah mengalami nyeri kepala ini dalam hidupnya," kata Halpern.

Gejala nyeri kepala tipe tegang bervariasi dari yang ringan hingga berat. Pada nyeri kepala tipe tegang biasanya rasa nyerinya menyebar dan terasa hebat pada kepala bagian atas atau pada tengkuk.

The Internationl Headache Society mendata ada lebih dari 200 jenis sakit kepala.

Sumber: kompas.com