Tertawa Enyahkan Penyakit

28 September 2009 Artikel Kesehatan


Sementara pada penyakit kronis yang berpengaruh buruk terhada mood dan perilaku, terapi humor bisa membantu mengurangi perasaan negatif dan tidak sehat, membantu pasien menemukan kontrol atas dirinya sendiri, serta menghilangkan rasa takut atau putus asa yang seringkali dirasakan pasien kanker atau penyakit kronis.

Selain itu, terapi ini juga bagus bagi keluarga yang mendampingi pasien dengan penyakit kronis. Keluarga yang mendampingi ini juga berisiko mengalami stres, yang justru bisa membuat mereka ikut sakit. Karena itu, baik pasien maupun keluarga yang mendampingi sama-sama akan diuntungkan oleh terapi ini.

Proses terapi. Dalam menjalani terapi, terapis akan membantu menemukan cara yang bisa membuat Anda serta orang lain tersenyum dan tertawa. Apakah bisa berhasil? Gambar pelawak yang dipampang di dinding kamar ruang perawatan anak terbukti bisa menghibur mereka. Beberapa rumah sakit di luar negeri bahkan telah menyediakan gerobak humor yang berisi berbagai materi lucu untuk semua golongan usia. Selain itu, banyak perawat yang telah mempelajari dan menerapkan teknik yang bisa membuat pasien tertawa.

Menurut pakar kesehatan, tubuh dan pikiran mempunyai hubungan yang sangat erat dalam mengaktifkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri. Dan tawa dinyatakan bisa mengubah zat kimia otak serta menguatkan sistem imun. Humor akan membuat Anda bisa mengontrol situasi. Tertawa membantu Anda melepaskan rasa takut, kemarahan, dan stres yang bisa membahayakan tubuh seiring waktu. Humor, penurut pakar kesehatan, membantu memperbaiki kualitas hidup Anda.

Manfaat terapi humor. Semua orang bisa melakukan terapi humor, baik sebagai tindakan pencegahan maupun penanganan penyakit. Pasien biasanya menggunakan terapi ini untuk membantu pemulihan penyakit jangka panjang atau penyakit kronis, khususnya penyakit yang diperburuk oleh kondisi stres (seperti penyakit jantung dan asma).

Apakah harus menggunakan terapis? Jika Anda masih dalam kondidi sehat, pastikan mencegah munculnya penyakit dengan memanfaatkan kekuatan senyum dan tawa. Berusalah menikmati hal-hal kecil namun menghibur di sekitar Anda. Dan bagi Anda yang sedang menjalani perawatan, cobalah membuang stres dan putus asa dengan senyum dan tawa. Cara ini akan membuat Anda merasa jauh lebih baik. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat