Tersenyumlah dan Rasakan Manfaatnya!

10 Juni 2013 Artikel Kesehatan


Senyum adalah kegiatan yang sangat sederhana. Namun, kadang sangat amat sulit dikerjakan. Ternyata senyum memiliki manfaat yang begitu besar. Tersenyumlah karena tersenyum dapat membuat hati menjadi tenang dan menenangkan juga untuk orang yang melihatnya. Tersenyum juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan.

Bagi anda yang sulit tersenyum saat dalam keadaan yang tidak sesuai harapan, mari simak beberapa manfaat senyum agar anda mulai membiasakan diri untuk tersenyum dalam keadaan apapun sebagai salah satu usaha terapi sederhana untuk kesehatan anda sendiri.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan tersenyum:

1. Senyum bisa membantu orang tetap positif
Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.

2. Senyum bisa meredakan stres
Stres secara nyata dapat muncul di wajah anda. Senyum membantu mencegah kesan bahwa kita sebenarnya sedang lelah atau merasa down. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

3. Senyum membuat seseorang lebih menarik
Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.

4. Senyum menurunkan tekanan darah
Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

5. Senyum bisa mengubah suasana hati
Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.

6. Senyum bisa menular
Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka anda akan disukai oleh banyak orang.Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

7. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

8. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin
Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

9. Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat anda terlihat lebih muda. Jika anda ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyum anda sepanjang hari, maka anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.

Maka jauhkan diri anda dari depresi, stres dan rasa khawatir dengan satu kata yaitu senyum ,tentu saja dengan memberikan senyum pada tempat dan suasana yang tepat.

Jadi, jika kita ingin sehat, panjang umur dan memiliki banyak teman serta hati dan jiwa yang sehat dan lapang, tersenyumlah. Ya, tersenyum akan menyehatkan baik fisik maupun jiwa kita.

(Dikutip dari berbagai sumber)