Terong, Si Ungu yang Kaya Manfaat

15 April 2013 Artikel Kesehatan


Terong si buah ungu yang kaya manfaat untuk kesehatan, buah yang berasal dari India dimana tumbuh secara liar mulai dibudidayakan pertama kali di Cina. Terong merupakan sumber serat yang baik, sumber Vitamin B dan mineral seperti magnesium dan mangan. Warna ungu pada terong mengandung zat yang sebut Antosianin. Antosianin dapat mencegah tekanan darah tinggi, hepatosis (penyakit karena kekurangan vitamin E atau selenium), dan meningkatkan penglihatan saat malam.

Penampilannya mungkin kurang menarik. Tapi dibalik itu, terong memiliki nama ilmiah Solanum Melongena memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Tak hanya populer sebagai makanan, sayuran berdaging lunak seperti spons ini juga dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat terong untuk kesehatan:

1. Sumber Mineral
Terong merupakan sumber mineral seperti magnesium, mangan dan potasium. Magnesium membantu fungsi normal saraf dan jantung serta menjaga sistem kekebalan sistem tubuh dari bakteri dan virus yang masuk ketubuh. Mangan membantu metabolisme lemak dan karbohidrat.

2. Diabetes
Makanan tinggi serat seperti terong dan juga rendah karbohidrat sangat baik bagi penderita diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jika kita konsumsi terong secara teratur maka kadar gula kita juga akan menurun dan stabil. Jadi khususnya penderita diabetes coba buktikan sendiri. Ekstrak terong dapat menghambat enzim yang menyebabkan diabetes .

3. Sumber Vitamin
Terong mengandung Vit B, termasuk Vit B1, B3 dan B6 yang membantu tubuh anda mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat membantu menghancurkan lemak dan protein.

4. Penurun Kolesterol
Terong membantu membatasi kandungan lemak dan kolesterol pada tubuh serta menjaga gula darah agar tetap normal.

Terong diketahui punya manfaat sebagai antikejang, antikanker, dan untuk gangguan pembuluh darah. Ternyata banyak juga manfaat kesehatan yang didapatkan dari buah terong ini. Mitos bahwa mengkonsumsi terong dapat menurunkan kemampuan seks pria, ternyata itu salah, karena belum ada penelitian yang menunjukkan hal tersebut. Jadi untuk para pria jangan ragu untuk konsumsi terong.

(Dikutip dari berbagai sumber)