Artikel Kesehatan
13 September 2012

Ternyata Minum Air Hangat Manfaatnya Begini Toh..

Saat pagi hari, mana ada sih orang yang mau minum air putih langsung jika belum makan? Apalagi minum air putih yang hangat. Padahal dengan minum air putih yang hangat memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh terutama yang menjalankan diet, minum air hangat sangat dianjurkan.

Yuk kita lihat beberapa manfaat minum air hangat di pagi hari.

1. Cocok untuk diet
Jika anda ingin atau sedang menjalankan proses diet, mungkin ini yang akan disarankan oleh para ahli diet ketika pagi hari yaitu minum air hangat. Air hangat dapat menurunkan berat badan karena merusak timbunan lemak yang tidak sehat dalam tubuh dan membantu penurunan berat badan.

2. Sebagai pereda batuk dan flu
Salah satu manfaat kesehatan dari minum air hangat adalah mengurangi iritasi pada tenggorokan, batuk dan membantu mengeluarkan dahak dengan lancar sehingga tidak menimbulkan iritasi tenggorokan yang berlebih.

3. Mudah berkeringat
Ketika kita minum minuman yang panas, kita akan mudah sekali berkeringat karena ketika suhu badan kita naik, maka keringat yang berfungsi sebagai penetralan tubuh dengan memberikan suhu yang dingin bagi tubuh. Dengan kita berkeringat, membantu membersihkan sel-sel kulit dengan mengambil kelebihan garam dan air dalam tubuh.

4. Memperlancar peredaran darah
Ketika kita minum air hangat anda bisa berkeringat lebih banyak sehingga timbunan lemak dalam darah yang menghambat dapat dibakar karena suhu badan yang naik. Selain membakar lemak, juga dapat menetralisir racun dalam tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

5. Pembersihan dan pemurnian bagi tubuh
Manfaat yang paling penting dari minum air hangat adalah membersihkan secara efektif tubuh dari berbagai racun. Jika sistem pencernaan kita sedang kurang baik, anda dapat mengobatinya dengan minum segelas air hangat minimal 2 kali dalam sehari. Disarankan minum air hangat pada pagi hari. Karena pada pagi hari, tubuh telah meregenerasi sel yang rusak. Dengan minum air hangat, ini akan memudahkan tubuh untuk membuang racun serta memberikan perasaan yang segar untuk memulai akitivitas.

6. Mengatasi sembelit
Masalah umum dari penyakit sembelit terjadi karena kurangnya air dalam tubuh yang mengakibatkan kurangnya gerakan usus. Untuk itu minumlah segelas air hangat saat perut walaupun kosong yang berguna untuk meningkatkan gerakan usus dan menyembuhkan sembelit karena air panas/hangat dapat memecah partikel makanan dan melewatinya melalui usus.

7. Mengurangi rasa nyeri
Ketika anda merasa sakit kepala, nyeri atau sakit perut, minum air hangat juga merupakan salah satu cara alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah minum air hangat karena biasanya akibat tubuh merasa nyeri adalah kekurangan asupan cairan dalam tubuh.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Artikel Kesehatan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris