Ternyata Game Beri Dampak Positif bagi Kita!

25 Maret 2013 Artikel Kesehatan


Sebagian besar orang jika dihadapkan oleh pilihan antara belajar dan bermain game, kemungkinan besar game yang akan dipilih.

Bermain game secara umum dapat membuat anak malas untuk melakukan sesuatu apalagi belajar. Tapi sekarang mungkin asumsi ini sebaiknya diralat lagi.
Pasalnya game tidak semuanya membuat kita menjadi malas bahkan membuat kita menjadi bodoh. Ternyata game juga memiliki dampak positif bagi perkembangan otak kita

Penasaran manfaat dibalik bermain game ini? Berikut beberapa dampak positif dari bermain game:

1. Dapat Menghindari Rasa Stress dan Depresi
Gamers atau pemain pada suatu game yang memiliki masalah kesehatan mental seperti stress dan depresi dapat melampiaskan rasa frustasi mereka dengan bermain video game.
Permainan yang disukai juga memungkinkan para gamers menghindari tingkat stress tertentu. Sehingga game memiliki manfaat membantu mereka untuk menenangkan pikirannya.

2. Meningkatkan Penglihatan
Anda mungkin sering mendengar bahwa duduk telalu lama di depan TV tidak baik untuk mata. Penelitian mengungkapkan orang yang menderita katarak dapat meningkatkan penglihatan mereka dengan bermain game tembak-tembakan seperti Medal of Honor dan Call of Duty. Permainan itu membutuhkan jumlah perhatian, pelatihan, dan adrenalin yang tinggi.

3. Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Prasekolah (3-5 tahun)
Mungkin para orangtua tidak akan membiarkan anak pra sekolah bermain games. Namun faktanya perkembangan otak pada anak ditemukan bahwa mereka yang memainkan game interaktif akan memiliki keterampilan motorik terhadap objek yang lebih baik daripada mereka yang tidak bermain game.

4. Terapi Penyakit Kronis untuk Anak-anak
Efek dari video game ternyata tidak hanya bermanfaat bagi anak yang sehat namun bisa terhadap anak-anak yang didiagnosa penyakit kronis seperti autisme, depresi, dan penyakit Parkinson.
Anak-anak yang memainkan game tertentu menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam ketahanan dan daya juang dalam menghadapi penyakit mereka dibandingkan yang tidak bermain game.

5. Memberikan Efek Penghilang Rasa Sakit
Video game tidak hanya dapat mengurangi rasa sakit emosional saja, tetapi juga mereka yang menderita sakit secara fisik seperti terkena luka bakar yang dapat mengalami penurunan rasa sakit hingga 50% saat bermain game.

6. Lebih merasa Bahagia di Usia Tua
Ternyata game memiliki hubungan antara bermain video game dengan kesejahteraan mental.
Para lansia yang senang bermain video game memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, sedangkan yang tidak bermain video game justru terdapat emosi negatif seperti depresi

7. Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Anda
Video game paling membutuhkan reaksi cepat dalam sepersekian detik untuk mengambil keputusan yang menyangkut hidup dan mati tokoh virtualnya.
Penelitian di New York menemukan fakta bahwa game dapat memberikan banyak permainan otak untuk menyimpulkan informasi.

(Dikutip dari berbagai sumber)