Teripang, Hewan Laut yang Dapat Cegah Kanker

18 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Jika Anda pecinta seafood pasti tahu yang namanya teripang. Lebih dikenal dengan timun laut , teripang ini lebih dulu terkenal sebagai makanan yang dipercaya sebagai pembangkit libido pria dan penurun kolesterol.

Teripang selain memiliki nutrisi yang tinggi dan lezat, tetapi juga memiliki anti-virus dan anti-bakteri untuk mengobati radang gusi dan penyakit gusi, dan bisa pula dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan bagi para pasien kanker setelah melakukan kemoterapi. Teripang bisa mengurangi efek samping setelah pengobatan kanker.

Seperti Anda ketahui, metode kemoterapi adalah pemberian obat imunosupresan yang ditujukan untuk membunuh sel kanker. Tetapi seringkali terapi ini juga membuat sistem imun lemah sehingga penderita kanker mengalami berbagai efek samping yang tidak nyaman. Nah, dengan terapi mengkonsumsi teripang, itu akan bisa membuat sistem imun Anda kembali kuat.


Selain memiliki manfaat imunomodulator (penguat sistem imun), teripang juga disebutkan bersifat cytotoksik, yang berarti mampu membunuh sel kanker.Itulah mengapa teripang sangat bagus dan efektif sebagai pengobatan kanker. Teripang ternyata juga memiliki sifat sitoxic yang dapat membantu membunuh sel-sel kanker yang tertinggal, tersembunyi atau mulai muncul.

Teripang bisa diolah dengan cara dimasak, dikeringkan, atau dijadikan bubuk dan diminum seperti obat.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)