Telur Rebus Ampuh Ratakan Perut

18 Februari 2010 Artikel Kesehatan


Belum berhasil menurunkan berat badan di sekitar perut? Cobalah mengonsumsi MUFA (asam lemak tunggal tidak jenuh), lemak baik dari tumbuhan.

Studi-studi menunjukkan bahwa lemak baik ini bisa menguatkan kesehatan jantung dan melindungi dari penyakit kronis. Selain itu, penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa makanan yang mengandung lemak baik ini bisa membantu membakar lemak perut yang paling sulit dihilangkan.

Almond. Kandungan MUFA dan vitamin E di dalam almond bekerjasama untuk mengurangi kolesterol. Selain itu, almond juga kaya protein dan serat sayuran.

Tip konsumsi: Taburkan dua sendok makan almond ke atas yogurt rendah lemak tanpa pemanis. Anda juga bisa menambahkan buah, seperti stroberi atau pisang untuk mendapatkan sarapan yang lebih berenergi,

Alpukat. Alpukat kaya akan MUFA yang baik untuk jantung. Alpukat mengandung lebih banyak beta-sitosterol (komponen penurunan kolesterol) dibandingkan buah lainnya.

Tip konsumsi: Haluskan 1/4 cangkir daging alpukat dengan jus lemon, garam dan merica. Sajikan dengan sayuran mentah atau keripik panggang.

Dark chocolate. Cokelat, khususnya bubuk cokelat mengandung komponen yang berpotensi melindungi dari penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes.

Tip konsumsi: Larutkan 1/4 cangkir dark chocolate. Kemudian taburi dengan stroberi segar sebagai makanan penutup untuk meratakan perut.

Minyak biji rami. Minyak biji rami merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan asam lemak omega-3 dari tumbuhan. Asam omega-3 membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Menurut peneliti, peradangan ini merupakan pemicu penyakit jantung, kanker dan kepikunan.

Tip konsumsi: Tambahkan satu sendok makan minyak biji rami ke dalam smoothie sebagai kudapan siang yang sehat.

Selai kacang alami. Selai kacang mengandung antioksidan vitamin E, magnesium pembangun tulang, kalium yang bagus untuk otot, dan vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan pilihan terbaik untuk memasak dan dressing salad karena sebagian besar tersusun dari MUFA, yang menurunkan kadar kolesterol jahat LDL tanpa mempengaruhi jumlah kolesterol baik HDL. Semakin hijau minyak zaitun, semakin banyak kandungan antioksidannya.

Kenari. Kenari mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang membantu melindungi gangguan mata akibat penuaan.

Biji bunga matahari. Biji bunga matahari kaya vitamin B, yang berperan penting melawan peradangan. Selain itu, kenari juga mengandung banyak vitamin E. Kudapan satu ini sangat cocok untuk menahan rasa lapar.

Selain makanan di atas, berikut beberapa makanan lain yang perlu Anda konsumsi:

Blueberries. Sebuah studi dari University of Michigan menyatakan bahwa diet kaya blueberries bisa membantu menghilangkan lemak perut.

Minyak kelapa. Peneliti dari Brazil menemukan bahwa perempuan obesitas yang melakukan diet, olahraga, dan mengonsumsi 30 mililiter minyak kelapa setiap hari memiliki ukuran lingkar pinggang yang lebih kecil dibandingkan perempuan yang berdiet dan olahraga tetapi mengonsumsi minyak kedelai. Tapi, pastikan memilih bentuk minyak kelapa yang tidak diproses.

Telur. Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Obesity mengungkap bahwa mereka yang sarapan telur memiliki lingkar pinggang yang lebih ramping dibandingkan mereka yang makan dengan jumlah kalori sama dari bagel. Tapi, ada baiknya mengonsumsi telur rebus dan batasi hingga enam butir atau kurang per minggu. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat