Teh Hijau Bukan Pencegah Kanker Payudara

12 November 2010 Artikel Kesehatan


Meski dalam beberapa hasil penelitian, kandungan zat antioksidan yang terkandung dalam teh hijau diketahui mampu mencegah kanker payudara, ternyata dalam penelitian terbaru justru disimpulkan bahwa teh hijau ternyata tak mampu mencegah penyakit nomor wahid yang mengancam kaum hawa tersebut.

Dalam penelitian sebelumnya terhadap sel binatang dan manusia, memang diketahui bahwa minuman teh hijau hangat mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna menangkal kanker. Namun, analisis terbaru yang melibatkan 54 ribu perempuan justru tidak menemukan adanya kaitan antara teh hijau dan kanker payudara.

Ilmuwan Motoki Iwasaki dari Pusat Kanker Nasional Tokyo bersama koleganya telah melakukan penelitian terhadap hal itu. "Pada penelitian terhadap manusia, hasilnya memang telah terbilang akurat. Dalam skala besar ini merupakan salah satu studi pertama yang menelisik manfaat mengasup teh," kata Iwasaki.

Studi yang ia gelar menganalisis perempuan yang meminum teh hijau sedikitnya sekali seminggu dan yang meminum hingga 10 gelas per hari. Ternyata, secara keseluruhan, pihaknya tidak menemukan adanya kaitan antara jumlah asupan teh hijau dan risiko mengidap kanker payudara.

Studi ini diawali dengan tahap pemberian kuesioner yang lalu diberikan kembali di tahap akhir studi. Adanya kasus kanker payudara lalu akan dilaporkan oleh beberapa rumah sakit di area studi. Sebanyak 12 persen partisipan meminum teh hijau kurang dari satu gelas per minggunya dan 27 persennya meminum lima gelas per harinya.

Saat menanggapi studi tersebut, Iwasaki mengutarakan, "Kekuatan lain dari studi ini yakni desainnya yang prospektif dengan mengumpulkan data sebelum kanker payudara terdiagnosis." Ia pun menyimpulkan, "Meminum teh hijau, jenis apa pun dan jumlah asupannya, tampaknya memang tak terlihat mampu mengurangi risiko terkena kanker payudara."

Sumber: mediaindonesia.com