Tea Tree Oil Ampuh Atasi Masalah Kulit

28 Juni 2012 Artikel Kesehatan


Dalam tanaman teh ternyata bukan hanya daunnya saja yang bisa dimanfaatkan. Namun minyak pohon teh atau lebih dikenal dengan sebutan tea tree oil (melaleuca) merupakan bahan obat yang menurut penelitian ampuh sebagai disinfektan antibakteri alami. Selain umumnya digunakan sebagai antiseptik, kandungannya dipercaya mampu mengobati infeksi jerawat dengan mengurangi peradangan.

Minyak berwarna kuning pucat dan bahkan hampir tidak berwarna itu juga memiliki aroma segar yang berasal dari racikan daun Melaleuca alternifolia. Selain itu, dilihat dari situs Zeenews pada akhir pekan lalu, para ilmuwan menyebutkan bahwa dalam tea tree oil terdapat kandungan antijamur, antivirus, dan juga antiseptik.

Tea tree oil dipercaya oleh para peneliti untuk memperbaharui kulit, menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Dalam mengobati jerawat, umumnya kandungan minyak tersebut digunakan dalam bentuk pembersih wajah, ataupun sabun. Ketika dioleskan pada jerawat, tea tree oil membantu membangun sistem kekebalan tubuh untuk membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

Tea tree oil merupakan obat alami yang sangat baik untuk ratusan penyakit kulit akibat bakteri dan jamur seperti jerawat, bisul, kulit berminyak, lecet, luka bakar matahari, kutu air, kutil, herpes, gigitan serangga, ruam, ketombe, dan luka kecil lainnya, serta iritasi. Bahkan beberapa obat batuk dan flu juga diketahui menggunakan kandungan minyak bermanfaat tersebut.

Sekedar saran, tidak semua jenis kulit cocok dengan beragam pengobatan kulit, terlebih bagi kulit berjerawat. Untuk itu, pastikan untuk menguji sensitivitas kulit wajah Anda terlebih dahulu. Anda bisa mengujinya dengan mengoleskan sedikit ke lengan bagian dalam. Jika dalam beberapa waktu tidak timbul rasa panas atau kemerahan, berarti minyak berkhasiat ini aman dan cocok bagi wajah Anda.

Sumber: mediaindonesia.com