Tangani dengan Tepat

11 Agustus 2009 Artikel Kesehatan


PENDENGARAN adalah indra yang sangat berharga bagi anak-anak. Dengan pendengaran, anak-anak mengembangkan bahasa dan kemampuan berkomunikasi, mengagumi suara dari dunia kita yang sibuk,belajar membaca, menikmati musik,dan waspada terhadap bahaya.

Namun, bagaimana bila buah hati Anda mengalami gangguan pendengaran? Tentu sedih rasanya.Tak perlu risau, gangguan pendengaran tidak akan membuat masa depan buah hati Anda suram, apalagi jika Anda tanggap menanganinya. Belakangan ini seiring majunya teknologi, alat bantu dengar mulai banyak di pasaran.Penampilan anak-anak dengan gangguan pendengaran sekarang ini terlihat gembira dengan banyaknya pilihan.

Setelah diagnosis gangguan pendengaran yang jelas, teknologi yang tepat seharusnya dipilih secepatnya untuk memastikan bahwa anak Anda mendapat manfaat secepatnya dari pengalaman mendengar. Alat bantu dengar memberikannya dengan mengamplifikasi suara dan dapat membantu anak pada semua usia.Pemilihan alat bantu dengar yang tepat dapat membantu anak

Anda mengembangkan keterampilan berkomunikasinya dengan baik. Ada beberapa jenis alat bantu dengar. Alat bantu dengar yang dipasang di belakang telinga dan alat bantu dengar dalam telinga. Pada alat yang pertama, alat bantu dengar ini tersedia dalam berbagai warna ceria dan cerah dan dapat membantu gangguan pendengaran yang luas, ringan,sedang,dan sangat berat. Alat ini cocok untuk anakanak.

Nah, untuk anak yang lebih besar mungkin bisa menggunakan alat bantu dengar dalam telinga.Alat ini sengaja dibuat khusus agar pas di dalam telinga dan membantu gangguan pendengaran dari ringan sampai sedang. Putusan apakah anak Anda seharusnya menggunakan satu atau dua alat bantu dengar, terutama sekali bergantung pada konfigurasi gangguan pendengarannya.

Akan tetapi, jika gangguan pendengaran pada kedua telinga, menggunakan dua alat bantu dengar membantu untuk melokalisasi suara dan mendengar lebih baik, bahkan dalam suasana bising. Sedangkan saat memilih alat bantu dengar tersebut, Anda juga harus memperhatikan beberapa faktor. Selain teknologi, pilihlah alat bantu dengar yang nyaman, sehingga anak merasa nyaman.Yang pasti,buatlah buah hati Anda nyaman dan lebih percaya dalam kekurangannya.(inggrid)

Sumber: Seputar Indonesia Cetak