Tangani Anak Penderita Diabetes Saat Sakit

11 Agustus 2009 Artikel Kesehatan


Penyakit diabetes atau yang lebih dikenal oleh masyarakat awal sebagai penyakit gula, tak memandang usia. Anak-anak pun dapat mengidap penyakit itu, terutama Diabetes tipe 1. Padahal, daya tahan tubuh si kecil belum sempurna sehingga bukan tak mungkin dia terkena penyakit lain.

Bagi orangtua yang memiliki anak dengan diabetes, perlu ekstra hati-hati. Terutama ketika si kecil tengah jatuh sakit lantaran serangan penyakit selain diabetes. Ada beberapa saran dari American Diabetes Association yang dapat Anda perhatikan pada kondisi tersebut, antara lain:
Jangan hentikan pemberian insulin pada anak Anda. Meskipun, si kecil tidak memiliki nafsu makan. Telepon dokter anak Anda jika tidak yakin dengan asupan insulin yang harus diberikan pada saat anak sakit.Coba untuk tidak membuat perubahan yang terlalu banyak pada pola makan. Jika anak Anda mengalami rasa tidak enak pada perut, maka tawarkan dia minuman yang mengandung karbohidrat seperti kaldu, agar-agar, minuman berenergi, jus buah atau camilan berbahan dasar buah. Pastikan anak Anda mengonsumsi cairan yang cukup. Hindari minuman dengan kandungan kafein.Konfirmasi pada dokter sebelum memberikan obat jenis apa pun. Banyak jenis obat yang mengandung gula atau alkohol yang dapat mempengaruhi kadar gula darah.Sangaat penting untuk tetap memonitor kadar gula darah dan ketone anak Anda selama sakit, pastikan Anda cek darah setiap beberapa jam dan memeriksa urin beberapa kali per hari. (healthday/rin)
Sumber: Republika Online