Tanda Tubuh Kekurangan Cairan

28 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat membahayakan tubuh karena bisa memicu beragam penyakit. Tapi tidak banyak orang yang paham mengenai ciri-ciri dari dehidrasi. Yuk kenali ciri-ciri dehidrasi agar tubuh terhidrasi dengan baik. Manusia itu hanya bisa bertahan hidup selama 3 sampai 5 hari tanpa air.

Jadi bayangkan seberapa pentingnya air bagi tubuh, kekurangan cairan juga bisa mengganggu aktivitas sampai bisa menimbulkan penyakit-penyakit kronis. Jadi penting untuk terus terhidrasi dan paham ciri-cirinya. Agar ketika sudah timbul, bisa langsung diatasi.

Ada tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan:

Haus
Rasa haus merupakan sinyal pertama tubuh kita sudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu minumlah air secara rutin sepanjang hari guna menghindari rasa haus.

Kelelahan
Jika Anda merasa mudah lelah padahal sudah cukup tidur, bisa jadi itu merupakan tanda tubuh kekurangan cairan.

Kulit Kering
Kurangnya cairan dalam tubuh bisa membuat kulit kering, hal ini merupakan tanda yang paling dapat terlihat pada orang yang setiap harinya tidak cukup terhiderasi.

Mulut Kering
Tidak hanya pada kulit, jika kekurangan cairan, mulut juga dapat menjadi kering. Hal ini tidak baik untuk gigi dan bisa menyebabkan sariawan.

Sakit Kepala, Migrain
Saat tubuh kekurangan cairan, maka organ dalam tubuh akan menjadi berkerut atau kisut, demikian juga dengan otak yang bisa menciut. Hal ini menyebabkan sakit kepala ringan maupun migrain. Oleh karena itu, jika menemukan gejala ini, sebaiknya Anda segera minum air mineral.

Jarang Buang Air
Salah satu ciri-ciri dehidrasi adalah jarangnya Anda buang air. Hal ini tentu saja karen cairan dalam tubuh yang berkurang. Sehingga metabolisme tidak bisa bekerja dengan baik, dan racunpun tidak dapat keluar dari dalam tubuh.

Urine Berwarna Kuning Gelap
Jika air seni atau urine Anda berwarna kuning gelap atau pekat dan bukannya kuning bening, itu bisa menandakan bahwa Anda kurang mengkonsumsi air dan tubuh Anda butuh lebih banyak air.

Dehidrasi bisa menyebabkan gangguan ginjal, sakit persendian, penuaan dini, kolesterol tinggi, gangguan pencernaan, masalah kulit, hingga asma. Agar selalu teringat untuk minum air putih, jangan lupa untuk membawa botol air minum ke manapun Anda pergi. Ini penting sekali karena 75 persen tubuh kita ini terdiri dari air. Jika rutinitas Anda mengharuskan Anda untuk bekerja di kantor atau di depan komputer selama berjam-jam, selalu sediakan gelas air minum di dekat Anda.

Jadi, jangan tunggu haus baru minum air putih ya.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)