Tanaman Okra, Ampuh Kendalikan Diabetes

30 April 2014 Artikel Kesehatan


Penyakit diabetes yang hampir mustahil disembuhkan menjadi momok bagi banyak orang. Untungnya banyak bahan alami yang dipercaya dapat meringankan atau mengendalikan gula darah diabetes. Salah satu tumbuhan yang dipercaya dapat meringankan diabetes tersebut adalah okra. Tanaman yang dikenal dengan sebutan Lady’s finger ini banyak ditemui di India dan Malaysia. Tumbuhan dengan nama ablemoschus esculentus ini memiliki bentuk yang panjang dengan ujung yang mengerucut. Di Inggris dan India, sayuran ini dipercaya dapat mengendalikan penyakit diabetes.

Tanaman Okra dapat tumbuh hingga ketinggian 2 meter. Daunnya mempunyai ukuran 10-20 cm memanjang dan melebar. Bunganya berdiameter sekitar 4-8 cm. Sedangkan buah bisa tumbuh memanjang hingga 18 cm dengan warna hijau atau merah keunguan dan berbiji didalamnya. Buah Okra berbentuk seperti belimbing bersegi 5-8 dan mengandung banyak lendir. Dengan pengobatan diabetes alami seperti okra, Anda tak lagi harus melakukan suntikan insulin atau menenggak banyak obat-obatan. Mengapa okra baik dikonsumsi para penderita diabetes?

Berikut beberapa manfaat yang dimiliki okra, antara lain:
1. Memiliki indeks glikemik rendah


Pasien diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik (IG) rendah. Sebagai patokan tertinggi, gula memiliki IG 100. Menurut standar medis, okra memiliki IG tergolong rendah yakni 20. Seperti yang telah diketahui, kadar gula darah yang terus menerus tinggi dapat memberikan efek buruk untuk ginjal. Manfaat kesehatan yang didapat dari okra termasuk menghindarkan tubuh dari penyakit ginjal. Jika Anda menderita diabetes, mengonsumsi okra dapat mengendalikan kadar gula sekaligus menyehatkan ginjal Anda.

2. Melawan penyakit ginjal

Salah satu hal yang perlu diwaspadai setelah didiagnosis terkena diabetes tipe 2 adalah ancaman kerusakan ginjal. Pasalnya kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes dapat merusak ginjal. Untungnya okra memiliki manfaat mencegah penyakit ginjal sekaligus mengendalikan gula darah. Dengan mengonsumsi okra, diabetesi mendapat manfaat tambahan berupa ginjal yang lebih sehat.

3. Sumber serat larut

Serat larut sangat baik untuk penderita diabetes karena memainkan peranan penting dalam pencernaan karbohidrat. Okra yang kaya akan serat larut dapat memperlambat proses pencernaan sehingga mengurangi efek karbohidrat dalam menaikkan gula darah.

Lalu, bagaimana cara mengolah okra untuk mengobati diabetes? Inilah langkah yang harus dilakukan untuk mengolah okra sebagai obat diabetes. Fakta penting yang harus diketahui, okra mentah lebih ampuh menurunkan gula darah dibanding dengan okra yang sudah masak.

*Ambil dua buah okra dan potong bagian ujung-ujungnya. Getah putih yang lengket akan keluar dari ujung-ujung okra. Jangan bersihkan getah itu karena getah itulah yang berfungsi mengendalikan gula darah.
*Masukkan potongan-potongan okra ke dalam gelas berisi air sebelum tidur lantas biarkan rendaman itu. Jangan lupa untuk menutupi gelas berisi air okra dengan tatakan atau piring.
*Keesokan harinya, singkirkan potongan okra dari gelas dan minumlah airnya. Cara ini dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah.

Untuk hasil yang lebih baik, terapi ini harus dilakukan secara rutin setiap hari. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)