Tamiflu Picu Mimpi Buruk bagi Anak-Anak

12 Agustus 2009 Artikel Kesehatan


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di tiga sekolah di kota London dan South West, Inggris, didapati bahwa 53 persen dari siswa yang sebelumnya diberikan Tamiflu malah juga mengalami mual-mual dan mendapat mimpi buruk di malam harinya.

Hal tersebut bertolak belakang dengan apa yang dijanjikan pemerintah Inggris bahwa Tamiflu aman untuk dikonsumsi dan tidak akan memberikan efek samping.

Hingga kini diperkirakan telah ada sebanyak 150 ribu penduduk London dan sekitarnya yang telah diberikan resep untuk mengkonsumsi Tamiflu karena mengalami serangan virus influenza.

Penelitian dilakukan oleh Helath Protection Agency yang diketuai oleh Sir Liam Donaldson, salah seorangpejabat departemen kesehatan Inggris.

Sementara itu belakangan ini diperkirakan juga terdapat 110 ribu kasus H1N1 baru di Inggris. Hingga saat ini tercatat 27 orang telah tewas karena terinfeksi virus H1N1, dan lebih dari 800 yang hingga kini masih dirawat di rumah sakit.

Salah seorang pejabat salah satu asosiasi bidang kesehatan Inggris (British Medical Association) Peter Holden menyarankan agar para orang-orang yang tertular virus H1N1 di kelompok beresiko rendah untuk tidak mengkonsumsi Tamiflu. (Timesonline.co.uk/OL-02)