Tak Hanya Sehat, Olahraga Bisa Bikin Bahagia Lho...

5 Juni 2013 Artikel Kesehatan


Olahraga bukan hanya bisa menyehatkan badan dan melangsingkan tubuh tapi juga bisa bikin kita bahagia. Apa hubungannya? Perasaan nyaman dan bahagia akan memenuhi hati setelah selesai olahraga karena ketika berolahraga akan terjadi pelepasan endorfin sehingga kita pun merasa tenang.

Tim peneliti dari Kanada menganalisa data dari 8 National Population Health Survey dengan periode 15 tahun untuk mengetahui kaitan antara level aktivitas fisik dengan kebahagiaan. Hasil penelitian menunjukkan, perubahan kebiasaan, misalnya dari tidak berolahraga menjadi aktif berolahraga akan berpengaruh pada mood seseorang dalam jangka panjang. Singkatnya, membangun kebiasaan berolahraga bisa menjadi investasi bagi rasa bahagia di masa depan. Aktivitas olahraga secara rutin sangat berpengaruh besar pada kebahagiaan seseorang.

Siapa bilang olahraga tak punya manfaat lain selain menyehatkan badan? Faktanya ada jenis olahraga yang bila dilakukan secara rutin juga bisa bikin kita lebih bahagia.

Berikut beberapa jenis olahraga yang jika dilakukan secara rutin bisa membuat bahagia;

a.Berenang
Kapan terakhir anda melompat ke kolam berenang? Berenang merupakan salah satu jenis olahraga sehat. Berenang juga bisa membakar sampai 300 kalori setiap jam. Berenang membantu melonggarkan tubuh dan mengencangkan otot anda. Olahraga ini amat baik bagi penderita asma.

b.Jalan kaki
Berjalan merupakan aktivitas yang diperlukan untuk menjernihkan pikiran dan membuat anda rileks. Berjalan santai juga membantu menaikkan mood. Cobalah berjalan sambil mendengarkan musik di iPod, biarkan pikiran anda tenang dan hiruplah nafas dalam-dalam. Rutin lakukan jalan santai setiap pagi atau sore hari di taman kota atau kompleks sekitar rumah.

c.Skipping
Skipping atau lompat tali tak hanya bisa membuat keringatan, tetapi juga membuat badan anda bugar. Mulai perlahan-lahan melompat minimal 100 kali dengan jeda diantaranya. Melompat tali secara rutin akan melepaskan hormon endorphin, sejenis hormon yang memberikan perasaan senang.

d.Olahraga outdoor
Olahraga outdoor lebih bersifat petualangan yang memacu adrenalin dan sangat cocok untuk menghilangkan stres. Cobalah bungee jumping, parasailing, rafting, naik gunung, panjat tebing hingga surfing. Olahraga ini memerlukan energi dan menggunakan otot. Aktivitas ini bekerja pada kaki, tangan dan perut sehingga tubuh menjadi bugar.

Disamping itu, olahraga juga bisa membuang rasa malas, jenuh, stress atau galau yang sedang kita alami. Apalagi jika kita berolahraga bersama dengan keluarga atau teman. Manfaatnya bisa lebih banyak lagi. Kita bisa bercanda, tertawa atau berbagi cerita. Olahraga bersama bisa menjadi sarana rekreasi.
Mau bahagia? Ayo olahraga rutin !

(Dikutip dari berbagai sumber)