Susah Tidur Karena Insomnia? Lakukan 4 Hal Berikut Ini!

2 Oktober 2016 Artikel Kesehatan


Meski sudah beranjak ke tempat tidur, namun rasanya mata sulit sekali untuk terlelap. Mungkin Anda mengalami gangguan tidur yang dikenal dengan insomnia. Seperti yang Anda ketahui, insomnia merupakan ketidakmampuan untuk tidur atau tetap tertidur. Tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seperti kelelahan, daya ingat menurun, sulit berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan meningkatkan resiko kecelakaan.

Banyak yang mengatakan bahwa beberapa penyebab insomnia antara lain adalah karena stres dan kecemasan, terlalu sering menggunakan stimulan, gula, gangguan pencernaan, sakit, alkohol, kurangnya aktivitas fisik, sindrom kaki gelisah, perubahan hormonal, atau kondisi medis lainnya.

Biasanya, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi obat untuk mengobati insomnia tersebut. Namun, ada cara alami tanpa obat yang bisa Anda lakukan seperti dilansir dari laman Osteopathic:

1. Hindari ngemil

Jika Anda tidak ingin mendapat insomnia, hindari konsumsi gula atau karbohidrat dua jam sebelum tidur. Jika Anda lapar, makan porsi kecil seperti satu gelas susu hangat, ayam goreng, atau kacang.

2. Hindari tidur siang

Untuk Anda yang kerap kali mengidap insomnia, hindari tidur siang. Karena orang yang tidur siang lebih sulit untuk tertidur di malam hari. Jika Anda dapat melewatkan tidur siang, Anda tidak hanya akan tertidur lebih cepat tapi juga mendapatkan kualitas tidur yang cukup di malam hari.

3. Hindari konsumsi kafein dan alkohol

Kafein adalah stimulan otak yang mengganggu tidur. Alkohol mungkin tampak menggiurkan pada awalnya, namun justru menyebabkan terbangun lebih pagi dan sulit untuk tidur kembali.

4. Pertahankan kebiasaan tidur rutin

Pergilah tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi tidak peduli seberapa mengantuk Anda. Di beberapa malam pertama mungkin Anda akan mengalami kesulitan, tetapi akhirnya tubuh Anda akan terbiasa untuk mempertahankan jadwal yang sama.

Lalu, tidak hanya itu, biasakan untuk tidak menonton TV, makan, atau melakukan kegiatan lain di tempat tidur Anda. Anda harus melatih otak untuk berpikir bahwa saat naik ke tempat tidur, itu artinya saatnya untuk tidur.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)