Suplemen Penting untuk Lansia

29 September 2009 Artikel Kesehatan


Bagaimana cara mengatasinya? Tait menganjurkan Anda untuk mengonsumsi beberapa multivitamin. Berikut beberapa di antaranya.

Besi

Manfaat. Besi berfungsi memproduksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Gejala kekurangan: letih, lesu dan enemia.

Sumber: daging merah dan sereal yang telah diperkaya dengan mineral, makanan laut.

Risiko suplemen: Pil besi bisa menyebabkan konstipasi, jadi ada baiknya dikonsumsi sekali dalam tiga hari dibandingkan tiap hari.

Asam folat

Manfaat. Digunakan untuk memproduksi sel-sel darah merah, yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Gejala defisiensi: Lelah dan anemia. Selain itu, kekurangan asam folat juga bisa memicu pembentukan asam amino yang dikenal dengan homocysteine. Asam amino ini dinyatakan bisa memicu penyakit kardiovaskular.

Sumber: Sereal yang telah diperkaya dengan vitamin dan mineral, sayuran hijau.

Risiko suplemen: Jangan menggunakan suplemen ini jika Anda mengalami kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 dan asam folat bisa berinteraksi sehingga malah memperburuk kekurangan vitamin B12.

Selenium

Manfaat. Membantu mempertahankan sistem imun dan melindungi dari serangan beberapa jenis kanker.

Gejala kekurangan: Sering flu.

Sumber: Satu kacang Brazil sehari sudah bisa memenuhi kebutuhan asam folat Anda. Selain kacang ini, selenium juga terdapat dalam daging, ikan dan gandum.

Risiko suplemen: Pastikan menggunakan sesuai dosis anjuran (60mcg untuk perempuan, 75 mcg untuk laki-laki) karena terlalu banyak selenium (lebih dari 400mcg per hari) bisa berbahaya, menimbulkan risiko pulmonary oedema (cairan di paru-paru), dan penurunan kepekaan mental.

Seng

Manfaat. Membantu fungsi tubuh, khususnya sistem imun.

Gejala defisiensi: Munculnya lesi pada kulit. Kadang-kadang ditandai dengan munculnya titik berwarna putih di kuku.

Sumber: Daging, ikan, produk susu. Selain itu juga bisa diperoleh dari biji labu. Anda bisa mendapatkan jumlah asupan harian yang cukup dari 200 gram bistik atau 250 gram daging ayam.

Risiko suplemen: Tidak ada risiko. Tubuh akan mengeluarkan apa yang tidak diperlukan lagi.

Minyak ikan

Manfaat. Membantu melawan penyakit kardiovaskular dan penyakit kronis lainnya, termasuk stroke. Beberapa studi menemukan kalau minyak ikan membantu fungsi otak.

Gejala kekurangan: Tidak ada gejala. Tetapi jika Anda tidak bisa memenuhi konsumsi 2 porsi ikan setiap minggu, ada baiknya mengonsumsi suplemen.

Sumber: Salmon, mackerel, sardencis dan tuna. Jika tidak bisa memenuhi asupan, carilah suplemen berkualitas. Pastikan melihat label dan memilih produk dengan kandungan DHA atau EPA tertinggi.

Risiko suplemen: belum ada teridentifikasi. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat