Sulit untuk Bangun Pagi? Ikuti Tips Berikut Ini

13 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan kegiatan yang sangat teramat sulit dilakukan. Apalagi kalau liburan tiba. Memilih untuk tidur larut sehingga akan sulit untuk bangun pagi. Banyak orang malas untuk bangun pagi karena mereka kurang tidur di malam harinya atau juga bisa jadi gangguan tidur yang lain.

Menurut sejumlah penelitian membuktikan bahwa orang yang bangun pagi-pagi setiap hari lebih sukses dan lebih produktif dibandingkan dengan orang yang bangun siang. Maka dari itu ada pepatah mengatakan bahwa "Bangun pagilah jika tidak ingin rejekinya dipatok ayam

Sebenarnya ada beberapa cara mudah jika tidak ingin bangun kesiangan dan bergegas bangun pagi untuk melakukan aktifitas. Dilansir dari womanitely, berikut beberapa cara agar Anda bisa bangun pagi:

Tidur lebih awal

Sudah rumusnya jika Anda kurang tidur, jangan heran jika Anda sulit untuk bagun pagi. Jadi, cobalah untuk tidur lebih awal dan biasakan hal ini. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, membaca buku di tempat tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Cuci rambut Anda dimalam hari

Terdengar asing namun ini merupakan tips agar Anda bisa bangun di pagi hari. Cuci rambut di malam hari dan meluruskannya, jika Anda memiliki rambut keriting. Dengan cara ini, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk sarapan di pagi hari.

Jangan melewatkan sarapan

Banyak yang melewatkan sarapan dikarenakan tidak sempat dan telat untuk berangkat ke tempat kerja, sekolah ataupun kampus. Sarapan merupakan hal yang penting setiap pagi hari, dan tidak boleh Anda lewatkan. Satu hal yang harus diperhatikan, jangan pernah menukar sarapan untuk minum kopi hitam atau cokelat. Sarapan yang Anda konsumsi harus sehat dan terdiri dari biji-bijian, protein, buah-buahan dan sayuran.

Cahaya ruangan

Ternyata cahaya juga dapat mempengaruhi Anda untuk bagun lebih pagi. Penataan cahaya di tempat tidur Anda harus dirancang dengan baik. Pertimbangkan menempatkan tempat tidur Anda di depan jendela besar, atau mencoba tidur dengan tirai terbuka. Ini hal yang tidak mudah bagi Anda yang tidak suka bangun pagi, tetapi jika Anda menjaga kamar Anda tetap gelap, itu proses sulit untuk Anda bisa bangun pagi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)