Sulit Tidur? Kurangi Konsumsi Makanan Pedas

26 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Kerjaan menumpuk, tugas kuliah yang banyak membuat sebagian orang memilih untuk begadang. Akibatnya, jam tidur Anda terganggu dan menyebabkan sulit tidur atau insomnia. Namun, dari sederet faktor penyebab sulit tidur, ternyata makanan bisa menjadi salah satu penyebab sulit memejamkan mata lho.

Dikutip dari healthydietbase.com, sebaiknya mulai dari sekarang hindari konsumsi makanan pedas agar tidur lebih nyenyak di malam hari. Pasalnya, sistem pencernaan mengalami penurunan aktivitas saat malam hari dan butuh banyak energi untuk bisa mencerna makanan pedas. Untuk bisa mencerna makanan pedas tersebut, pencernaan akan banyak berkontraksi dan hal inilah yang kemudian membuat Anda sulit tidur.

Konsumsi makanan pedas bisa membuat Anda mengalami penurunan kualitas tidur karena meningkatnya suhu tubuh, tidur jadi tidak nyenyak dan mudah terbangun di malam hari. Tubuh akan mengalami kesulitan menyesuaikan diri karena pencernaan bekerja penuh lagi. Bahkan pendapat yang mengejutkan lagi menurut ahli, Tore Nielsen mengungkapkan bahwa beberapa orang mungkin sensitif terhadap komposisi kimia makanan pedas sehingga bisa merangsang mimpi buruk dan mimpi aneh.

Jadi, jika Anda tidak ingin mengalami gangguan pencernaan dan sulit tidur di malam hari, sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Karena kualitas tidur juga dapat menentukan produktifitas seseorang. Pastinya Anda tidak mau seperti itu bukan? Yuk, mulai dari sekarang kurangi konsumsi makanan pedas terutama sebelum tidur.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)