Sulit Fokus? Atasi dengan Makanan Berikut Ini!

28 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Anda pernah merasa sulit fokus sampai-sampai perlu beberapa saat untuk memahami apa yang dimaksud lawan bicaramu? Untuk Anda yang senantiasa perfeksionis, hal itu pasti memalukan? Bahkan, ketika terjadi terlalu sering, bisa jadi itu akan membuatmu dicap lemot. Kesulitan untuk segera menangkap poin pembicaraan sebenarnya terjadi sebagai imbas otak sulit fokus. Nah, agar tidak terlalu sering terjadi, yuk rutin konsumsi beberapa makanan berikut karena terbukti mampu meningkatkan kemampuan fokus:

1. Ikan
Asupan berikutnya yang baik dikonsumsi ketika dirimu mulai merasa sulit fokus adalah ikan. Baik ikan air tawar maupun ikan laut, keduanya kaya kandungan omega 3 yang merupakan lemak sehat untuk otak. Tidak hanya membantu kita lebih mudah fokus, omega 3 disebut-sebut juga mampu menekan risiko kerusakan otak yang menjadi penyebab tertinggi terjadinya stroke.

2. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi alami menyehatkan untuk otak. Beberapa penelitian bahkan menyebut, lemak baik pada kacang-kacangan akan membantu otak lebih tenang, daya ingat terjaga, serta tubuh lebih sehat. Dengan tiga hal ini, berkonsentrasi tentu tidak lagi jadi hal yang sulit kan?

3. Buah
Selain ikan dan kacang-kacangan, beberapa buah seperti alpukat, apel, manggis, dan blueberry juga mengandung lemak baik untuk otak. Rasa manis yang tidak berlebih disertai daging buah lembut dan sensasi asam yang samar-samar dari buah akan memperlancar aliran darah ke otak sehingga diri Anda pun tidak lagi sulit fokus.

4. Kafein
Sejak lama, kafein menjadi salah satu zat yang dipercaya dan terbukti mampu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan kewaspadaan seseorang. Beberapa penelitian bahkan menyebut zat ini mampu meningkatkan kemampuan mental seseorang dalam jangka pendek! Beberapa asupan yang diketahui menjadi sumber kafein yang baik di antaranya kopi dan teh. Namun, ingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi sumber kafein. Dalam kadar yang berlebih, kafein terbukti bisa menimbulkan efek buruk seperti rasa gelisah dan detak jantung yang tidak beraturan.

5. Gula
Sensasi manis dari bahan makanan yang satu ini ternyata tidak hanya nikmat di lidah, tetapi juga sekaligus berperan penting untuk otak. Dalam penelitian, rasa manis dari gula terbukti memberikan rangsangan pada bagian tertentu di otak yang bertanggung jawab terhadap fokus dan konsentrasi. Karenanya, cobalah meminum segelas minuman manis kala dirimu merasa stuck dan sulit berkonsentrasi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)