Suka Tidur Tengkurap? Waspada Bahaya Kesehatannya

3 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Meski tidur merupakan cara tubuh mengistirahatkan diri, rupanya posisi tidur yang salah dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh dan kulit serta jika menjadi kebiasaan dapat menyebabkan penuaan dini.

Dilansir dari health.com, tidur dengan posisi wajah dan badan depan menghadap ke bantal atau biasa disebut posisi tengkurap ini ternyata bisa membuat Anda cepat tua.

Kebiasaan seperti ini dapat menyebabkan tekanan pada jaringan dan kolagen di kulit wajah sehingga kolagen melemah dan tidak bisa menjaga kekencangan kulit wajah Anda lagi. Hal tersebutlah yang mampu mempercepat penuaan pada kulit wajah.

Bukan hanya akan membuat kulit wajah mengendur, tidur tengkurap atau menyamping juga bisa menghambat pernapasan.

Mengapa demikian?

Kedua kulit tidak mendapatkan cukup oksigen untuk meregenerasi sel-selnya yang rusak dan menghambat terbentuknya sel-sel baru menggantikan sel-sel kulit yang sudah lama. Itulah mengapa posisi tidur dengan cara telentang adalah cara tidur paling baik.

Akan tetapi, posisi tidur bukan menjadi satu-satunya faktor utama yang membuat kulit Anda mengendur. Nah, untuk mensiasatinya, jagalah konsumsi makanan dengan memperbanyak asupan nutrisi dengan memakan makanan kaya antioksidan dan vitamin agar kulit tetap kencang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)