Suka Makanan yang Dibakar? Hati-Hati Bisa Bikin Cepat Keriput!

16 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Jika Anda suka makan ayam panggang, ikan bakar, steak, atau sate sebaiknya berhati-hati. Karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan yang dibakar bisa bikin kulit keriput.

Peneliti dari University College London, Inggris, menemukan bahwa makanan yang dibakar mengandung Advanced Glycation End (AGE). Dalam kadar tinggi, zat ini dapat mempercepat penuaan.

Advanced Glycation adalah reaksi antara karbohidrat (gula dan tepung) dengan protein atau lemak pada suhu tinggi.

Teknik dry heat seperti membakar, menggoreng dan memanggang menghasilkan lebih banyak AGE daripada merebus atau mengukus. Semakin tinggi suhu dan semakin lama memasaknya, semakin banyak AGE yang dihasilkan. AGE akan mulai terbentuk ketika makanan berubah menjadi kecokelatan.

AGE diserap dalam tubuh. Jika terlalu banyak, AGE dapat menimbulkan kerutan dan kulit mengendur. Zat ini merusak kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap muda.

Makanan yang diproses dengan panas tinggi dan kering lebih berbahaya dibandingkan makanan yang direbus atau dikukus. Tingkat AGE dalam sepotong ayam yang dimasak dengan cara dibakar/panggang meningkat 4 kali dibandingkan saat dimasak dengan microwave. Semakin tinggi suhu proses pemanggangan, semakin banyak molekul AGE yang terkandung dalam makanan.

Sudah saatnya memikirkan ulang makanan hidangan yang Anda konsumsi. Mulai beralih pada makanan yang direbus atau dikukus bisa menjadi pilihan yang baik. Meskipun rasanya tidak seenak makanan yang dipanggang/dibakar, kesehatan Anda lebih terjaga dan terhindar dari keriput dan penuaan dini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)