Suka Makan Pedas Ternyata Bisa Cegah Kanker

11 Juli 2019 Artikel Kesehatan


Makanan pedas memang sangat membangkitkan nafsu makan bagi mereka yang suka pedas sehingga makanan tersebut menjadi lebih enak saat disantap, tapi sebaliknya bagi mereka yang tidak suka pedas mungkin sangat menderita jika harus menyantap makanan yang sangat pedas. Memang ada resiko yang bisa terjadi saat seseorang mengkonsumsi makanan yang sangat pedas seperti timbulnya rasa terbakar di sekitar mulut dan lidah, perut terasa panas bahkan jika berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya diare karena alasan itulah ada sebagian orang yang tidak menyukai makanan pedas. Bahkan untuk orang-orang yang tidak menyukai makanan pedas pun pasti pernah merasakan bagaimana sensasi terbakar di dalam mulut dan lidah ini.

Ada banyak orang yang menyukai makanan pedas, dan bahkan rela merasakan sensasi panas di lidah sampai berulang-ulang kali. Namun rasa pedas ini bukan hanya sekedar ‘menyiksa’ dan bikin ketagihan saja, ada manfaat sehat yang tidak terduga jika Anda suka makan makanan pedas. Ternyata kandungan capsaicin dalam makanan pedas bisa menurunkan risiko kanker, bahkan untuk konsumsi makanan pedas yang sedikit. Dengan kata lain, tidak perlu menjadi pecinta makanan pedas, asal Anda mau makan makanan pedas atau berbumbu pedas saja sudah bisa menurunkan kemungkinan terserang kanker.

Tentu saja bukan hanya itu, ada alasan bagus lainnya jika Anda suka makan makanan pedas, karena sebuah penelitian di tahun 2014 menunjukkan bahwa komposisi sehat makanan berbumbu pedas bernama flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan kuat bisa menurunkan risiko tubuh mengalami penyakit kronis.

Namun perlu diingat bahwa makan makanan pedas juga perlu dibatasi porsinya karena terlalu banyak makan makanan pedas bisa berakibat buruk terhadap lambung. Rasa terbakar dan panas yang ditimbulkan bisa melukai dinding lambung dan mengganggu sistem pencernaan seperti sakit perut dan diare. Jadi makan makanan pedas secukupnya saja.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)