Sudahkah Kita Memulai Hidup Sehat?

28 Oktober 2011 Artikel Kesehatan


Hidup sehat saat ini tidak hanya sebagai kebutuhan, tetapi telah menjadi gaya hidup. Kita tahu, kesehatan adalah salah satu faktor penting dalam hidup manusia. Ancaman penyakit kritis yang semakin besar dan biaya kesehatan yang semakin melambung akhir-akhir ini menegaskan pentingnya pola hidup sehat yang harus kita jalankan. Pola hidup sehat seakan tidak bisa ditawar lagi.

Fakta menurut 2011 Global Medical Trends Survey Report dari Tower Watson menyatakan bahwa biaya kesehatan mengalami kenaikan antara 10 persen - 13 persen setiap tahun dalam dua tahun terakhir.

Pola Hidup Sehat dapat dimulai dengan menghindari stress dan selalu berpikir positif. Pola hidup tersebut setidaknya dapat mengantisipasi dan melindungi kita dari risiko kesehatan yang mungkin timbul. Hidup Sehat sebagai gaya hidup sangat ditentukan oleh cara pandang, tujuan serta keinginan setiap individu.

Dalam kaitan itu, AIA Group menunjukkan kepeduliannya dengan melakukan Healthy Living Survey yang didukung oleh perusahaan penelitian global TNS di 15 negara, dimana AIA beroperasi, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Korea, Thailand, Filipina, Cina, India, Taiwan, Australia, Selandia Baru, Vietnam, Macau and Brunei.

Khusus di Indonesia, survei yang dilakukan terhadap 750 orang dewasa pada usia 18-65 tahun dalam AIA Healthy Living Index menunjukkan bahwa kontribusi pola hidup sehat sangat dipengaruhi oleh 1) Pikiran yang gembira, 2) Hubungan keluarga yang baik, 3) Makan makanan sehat dan 4) Olahraga secara teratur.

Walaupun 62 persen dari responden menjalani olahraga secara teratur, tetapi hanya 57 persen melakukannya selama 1 jam bahkan kurang dari 1 jam dalam satu minggu. Dalam kaitan dengan kebiasaan hidup sehat, pola yang selama ini ada untuk hidup sehat masih berkisar seputar banyak minum air putih dan makan lebih banyak buah dan sayur. Oleh karena itu, diperlukan upaya -upaya yang lebih nyata untuk meningkatkan taraf hidup sehat ini.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa 84 persen dari responden dewasa Indonesia setuju bahwa perusahaan harus melakukan lebih banyak hal untuk membantu meningkatkan taraf hidup sehat, salah satunya adalah dengan memfasilitasi medical check up.

Sejalan dengan hal ini, salah satu upaya nyata PT. AIA FINANCIAL (AIA) adalah dengan memberikan free medical check up setiap tahun kepada karyawannya, serta dengan terus mengingatkan karyawan untuk lebih mengkonsumsi makanan yang sehat dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Survei ini adalah inisiasi awal AIA bahwa Healthy Living seharusnya menjadi perhatian semua pihak sebagai bentuk perlindungan optimal kepada karyawan, nasabah serta masyarakat pada setiap tahap kehidupan manusia. Ingatlah, risiko tidak dapat dihindari, musibah datang tidak pernah terduga, dan keluarga dan orang-orang yang kita cintai akan menerima akibatnya. Sudahkah kita memulai Hidup Sehat? We Protect, you and your loved ones!

Sumber: kompas.com