Sudahkah Anda Makan dengan Cara yang Tepat?

6 Februari 2019 Artikel Kesehatan


Anda tentu pernah bahkan sering makan sambil nonton televisi, browsing, chatting, mengirim email, atau menyetir mobil. Tapi sebuah studi menyebutkan multi-tasking saat makan bukanlah cara makan yang benar. Bahkan menurut Journal of Health Psychology aktivitas yang paling parah adalah berjalan sambil makan.

Sebuah penelitian melibatkan tiga kelompok wanita untuk menunjukkan akibat dari multi - tasking saat makan. Kelompok pertama makan sambil menonton televisi, kelompok kedua makan sambil berjalan, dan kelompok ketiga makan sambil berbincang - bincang. Hasil dari penelitian tersebut membuktikan bahwa ketiga kegiatan tersebut membuat mereka mengonsumsi makanan lebih banyak dari sebelumnya. Dan lebih parahnya, kelompok yang makan sambil berjalan mengkonsumsi lima kali lipat makanan dari kelompok lainnya.

Susan Albers, seorang dokter psikologis mengatakan, saat Anda melakukan aktivitas, Anda begitu terfokus dengan kegiatan tersebut, sehingga Anda tidak menghiraukan berapa banyak makanan yang dikonsumsi. Fokus pada saat makan merupakan cara yang baik untuk makan.

Tapi terkadang banyak sekali godaan yang membuat kita melakukan aktivitas lain saat makan. Albers menawarkan beberapa cara agar terhindar dari distraksi saat makan:

Duduk

Dengan duduk, Anda menjadi lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu, seperti halnya makan. Tubuh Anda lebih menyadari seberapa banyak makanan yang dikonsumsi dan merasakan kenyang setelah makan.

Kunyah perlahan

Dari segala penelitian, kata Albers, cara yang satu ini bisa dikatakan mendekati mustahil untuk dijadikan kebiasaan. Saat Anda makan, kecepatan Anda mengunyah mengikuti aktivitas yang Anda lakukan. Misalkan ketika Anda berjalan, maka Anda mengunyah mengikuti langkah kaki Anda. Atau saat menonton televisi, Anda mengikuti irama dialog acara. Menurut Albers, salah satu trik untuk membiasakan cara yang satu ini adalah makan menggunakan tangan non - dominan. Jika Anda biasa memegang sendok, pena, atau benda apapun dengan tangan kanan, berarti Anda bisa mencoba makan dengan tangan kiri, begitupun dengan sebaliknya.

Nikmati

Akan lebih menarik dan menyenangkan jika Anda mencoba menikmati setiap gigitan saat makan. Cobalah mencari bagaimana rasa makanan yang Anda konsumsi, bagaimana teksturnya saat dikunyah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)