Suara Serak Mengganggu? Lakukan 3 Hal Sederhana Berikut Ini

15 September 2016 Artikel Kesehatan


Ketika hendak presentasi, maupun berbicara dengan orang penting, namun terganggu dengan suara serak. Tentu hal tersebut sangat mengganggu dan menyulitkan dalam berkomunikasi.

Suara serak sebenarnya merupakan kondisi di sekitar tenggorokan yang mengalami peradangan sehingga tidak bisa mengeluarkan suara seperti biasanya.Suara serak sampai hilang ini biasanya disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada daerah laringitis. Umumnya ini diakibatkan oleh infeksi seperti flu atau mungkin tenggorokan sedang terluka.

Tak hanya itu, hal tersebut juga bisa disebabkan oleh penggunaan suara yang terlalu kencang atau berlebihan seperti berteriak dalam waktu yang sering atau terlalu kencang.Namun tak perlu khawatir, suara serak ini merupakan keadaan yang temporer atau sementara dan biasanya hilang dalam waktu kurang lebih 7 hari atau seminggu.

Untuk mengatasinya, tidak perlu repot-repot berobat atau ke dokter, Anda bisa melakukan hal tersebut dengan 3 hal sederhana berikut ini.

Minum 8 Gelas Air Hangat per Hari

Usahakan untuk meminum air hangat sebanyak 6-8 gelas per hari. Ini akan membuat tenggorokan lebih sejuk dan basah. Anda juga harus memperhatikan bahwa Anda sebaiknya hindari minum minuman berkafein. Tidak lupa hirup uap air panas untuk mengonsumsi obat penghilang nyeri.

Konsumsi Makanan yang Mudah Ditelan

Konsumsilah makanan yang lembut dan mudah di telan. Hindari makanan yang memperburuk peradangan pada tenggorokan Anda.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda aplikasikan supaya suara serak Anda hilang dan membaik. Sebisa mungkin jangan berada di lingkungan kering dan berasap. Ini akan membuat tenggorokan terasa lebih kering dan suara semakin parau.

Kurangi Bicara atau Berbisik

Berbicara terlalu sering justru akan memperparah kondisi suara serak Anda. Kurangi berbicara ataupun berbisik. Mengapa berbisik juga seperti itu? Berbisik ternyata akan membuat pita suara semakin menegang dibanding berbicara normal.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)