Suapan Besar Percepat Langsing

17 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Ada pertentangan baru terhadap teori lama yang mengatakan bahwa menyuap makanan dalam porsi sedikit dan mengunyah dengan perlahan bisa menjaga berat badan. Menurut hasil studi termutakhir, menyuap makanan dalam porsi besar dan sedikit mengunyah justru merupakan cara yang lebih jitu dalam menghindari penambahan berat badan.

Kesimpulan itu didapat oleh tim peneliti dari Universitas Canterbury. Mereka menemukan bahwa suapan besar dan sedikit kunyahan bisa membuat kita kenyang lebih lama sehingga membantu pengaturan berat badan karena makanan tersebut diproses lebih lama di dalam perut. Artinya, kita akan merasa kenyang lebih lama dan pelepasan energi bisa berlangsung secara rutin dan bertahap.

"Cara orang mengunyah makanan memang bergantung pada sifat makanannya, bukan individunya. Maka itu, Anda bisa memilih makanan yang tidak mengharuskan Anda mengunyah banyak," kata ketua penelitian Marco Morgenstern. Dalam hasil penelitian mereka, ditemukan bahwa memakan dan mengunyah makanan berbahan dasar gandum seperti roti gandum bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama karena melepas energi secara bertahap.

Hasil penelitian ini pun akhirnya diterapkan pada program diet secara daring yang diberi tajuk Aspire for Life dan kini tengah diuji coba secara klinis di Universitas Otago.

Sumber: mediaindonesia.com