Solusi Jitu Mengatasi Mata Lelah Akibat Bermain Komputer

8 September 2018 Artikel Kesehatan


Bagi beberapa pekerjaan yang menuntut untuk berlama-lama di depan komputer tentu akan membuat mata menjadi cepat lelah. Bekerja di depan komputer seperti para pekerja kantoran memang tidak membuat badan terasa lelah, namun jika di sadari atau terlalu lama menatap layar komputer pun akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Gejala umum yang biasanya dirasakan saat terlalu lama bermain komputer adalah mata merah, merasa ngantuk atau tidak bersemangat saat berada di luar ruangan, mata perih, penglihatan kabur, sakit leher, atapun yang lainnya. Namun bagi Anda yang memang mengharuskan untuk lama bermain komputer karena menyangkut pekerjaan ataupun hobi bermain komputer, berikut beberapa solusi jitu yang bisa Anda coba lakukan, yaitu:

Mengurangi Tingkat Kecerahan Komputer atau Laptop
Tingkat kecerahan yang tinggi akan membuat mata menjadi cepat lelah. Oleh karena itu mengurangi tingkat kecerahan komputer wajib Anda lakukan. Aturlah tingkat kecerahan komputer agar pas dan membuat mata Anda nyaman agar tidak membuat mata cepat lelah.

Posisi yang Benar
Posisi duduk yang salah dan posisi layar monitor juga akan mempengaruhi mata. Usahakan posisi duduk tegak dan pandangan mata lurus ke depan, jadi posisi layar monitor tidak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Frekuensi Berkedip
Agar mata tidak cepat lelah ketika Anda menggunakan komputer, disarankan mengatur frekuensi mata untuk berkedip. Terlalu fokus pada satu pandangan saja juga akan membuat mata cepat lelah. Biasanya frekuensi seseorang ketika menatap layar monitor akan berbeda dibandingkan ketika ia tidak menatap layar monitor, hal ini dikarenakan saat menatap layar monitor seseorang cenderung ingin tetap fokus pada layar.

Lakukan Pola 20 20 20
Orang yang memperkenalkan pola ini adalah Mark Rosenfield. Maksud pola 20 20 20 ini adalah setiap 20 menit mata harus diistirahatkan selama 20 detik kemudian alihkan pandangan mata dari layar monitor dengan melihat atau mengamati objek lain sejauh 20 meter.

Bersihkan Layar Monitor
Layar monitor yang kotor akan mengganggu penglihatan terhadap layar. Oleh karena itu kebersihan layar monitor harus tetap terjaga. Rutinlah untuk membersihkan layar monitor untuk membersihkan kotoran maupun debu yang menempel pada layar,karena dapat mengganggu mata Anda sehingga mata sulit fokus.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)