Sinar Matahari Aktifkan Kekebalan Tubuh

10 Maret 2010 Artikel Kesehatan


Paparan sinar matahari tidak hanya membakar semangat Anda tapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D, yang dibuat saat kulit kita terpapar sinar matahari, berperan penting dalam mengaktifkan sel-sel darah putih.

Meskipun vitamin D terkandung dalam makanan seperti ikan dan telur, sebagian besar vitamin D dalam tubuh berasal dari paparan sinar matahari. Dan aktivitas kerja yang hampir sepanjang hari berada di dalam ruangan membuat banyak orang kurang terpapar sinar matahari.

Tanpa vitamin dari sinar matahari ini, sel-sel darah putih tidak bergabung melawan penyakit. Padahal, sel-sel tersebut berfungsi melindungi tubuh dari flu, keracunan makanan dan bahkan kanker.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Nature Immunology ini, menurut peneliti Carsten Geisler dari University of Copenhagen, bisa membantu pengembangan vaksin dan cara-cara baru dalam melawan penyakit autoimun (seperti multiple sclerosis dan penolakan transplantasi organ) dan kanker.

Vitamin D telah lama dikenal sangat berperan dalam proses penyerapan kalsium dan kesehatan tulang. Beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa vitamin D mempunyai efek antikanker. Tapi, sebelumnya para ilmuwan belum mengungkap peran penting vitamin D dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Serangkaian percobaan laboratorium menunjukkan bahwa vitamin ini mengaktifkan sel-sel darah putih yang diam dan membuat sel-sel tersebut menjadi 'pembunuh' yang mencari dan menghancurkan infeksi.

Selain itu, sel darah putih yang lain juga berubah menjadi 'pembantu' yang memungkinkan sistem imun membangun memori mengenai infeksi. Memori ini memungkinkan sistem kekebalan tubuh memobilisasi dengan lebih cepat jika terjadi infeksi sejenis selanjutnya.

"Jika sel-sel darah putih tidak bisa menemukan vitamin D kadar cukup dalam darah, sel-sel tersebut bahkan tidak akan mulai memobilisasi," tutur Geisler, seperti dikutip situs dailymail.co.uk. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat