Simak Penyebab Mengapa Batuk Anda Tak Juga Kunjung Sembuh

30 September 2016 Artikel Kesehatan


Meski kerap kali dianggap sebagai penyakit yang sepele, namun jangan sekali-kali meremehkan batuk. Biasanya, penyakit batuk merupakan penyakit yang datang karena asupan makanan yang salah, terlalu banyak konsumsi yang dapat mengganggu tenggorokan, hingga alergi. Batuk biasanya datang bersamaan dengan flu dan juga demam.

Biasanya, penyakit batuk dapat dengan mudah disembuhkan oleh beberapa obat yang ada di pasaran. Namun, bagaimana jika batuk yang Anda alami tak juga kunjung sembuh? Bahkan hingga beberapa minggu lamanya juga belum membaik.

Apakah hal tersebut akan membahayakan tubuh Anda? Lalu apa pula penyebab kondisi batuk yang tak kunjung sembuh? Simak ulasan berikut ini.

Asma atau Alergi

Kondisi batuk yang tak kunjung sembuh bisa jadi dikarenakan oleh asma atau alergi. Seperti yang Anda ketahui, gejala asma salah satunya adalah batuk - batuk yang tak kunjung sembuh. Periksakan diri Anda ke dokter dan konsultasikan untuk mendapat solusi terbaik mengatasi batuk yang tak kunjung sembuh.

Infeksi Jalur Pernafasan

Batuk yang tak kunjung sembuh dalam jangka waktu berminggu-minggu bisa jadi itu adalah tanda adanya infeksi pada jalur pernafasan. Hal itu kemudian bisa jadi mengarah ke penyakit lebih serius yaitu pneumonia. Daripada menjadi penyakit yang super berbahaya ada baiknya segera ditangani dan jangan menyepelekan batuk.

Penyakit batuk juga bisa jadi gejala bronchitis apabila itu terjadi pasca seseorang mengalami demam. Selain itu, batuk disertai dengan dahak, sesak di bagian dada, kedinginan dan tenggorokan perih.

Hal terpenting yang bisa Anda pelajari adalah untuk tidak menyepelekan penyakit meskipun itu penyakit ringan. Meski diketahui penyakit batuk bisa sembuh dengan sendirinya, namun alangkah baiknya untuk memeriksakan segala kemungkinan yang terjadi. Jika sudah dirasa parah, segeralah periksa ke dokter.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)