Simak Deretan Manfaat Kesehatan dari Daun Kemangi

21 Oktober 2016 Artikel Kesehatan


Menjadi favorit masyarakat, daun kemangi biasanya dikonsumsi sebagai menu lalapan wajib ketika makan. Daun yang memiliki ciri khas kuat yakni wanginya yang harum, di samping rasanya yang nikmat jika dikonsumsi bersama dengan sambal, rupanya daun kemangi juga menyimpan manfaat kesehatan lho!.

Disebut-sebut sebagai tanaman herbal, daun kemangi terbukti mampu membantu mengatasi berbagai macam jenis penyakit pada tubuh Anda. Simak deretan manfaat kesehatan dari daun kemangi dalam ulasan berikut ini.

Stres

Daun Kemangi memiliki 'adaptogen' atau agen anti-stres. Penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stres. Bahkan anda yang ingin mencegah stres dalam beberapa pekerjaan yang sedang dihadapi dapat mengkonsumsi 12 daun kemangi, dengan cara mengkonsumsi dua kali sehari untuk mencegah stres.

Batu Ginjal

Manfaat lain yang dihasilkan dari daun kemangi adalah membantu Anda dalam meringankan gangguan ginjal. Anda dapat membuat jus daun kemangi dengan campuran madu, Anda dapat meminum secara teratur selama 6 bulan untuk mengurangi gangguan batu ginjal secara alami.

Penyakit Jantung

Daun Kemangi mempunyai manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan jantung. Dalam beberapa kasus daun kemangi dapat meringankan penyakit jantung dan mengurangi tingkat kolesterol darah.

Infeksi Mulut

Daun kemangi akan membantu dalam meminimalisir infeksi di mulut. Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun kemangi untuk menyembuhan kondisi ini.

Gangguan Kulit

Beberapa gangguan kulit seperti kurap sering kali menggangu Anda, selain menggangu kepercayaan diri juga dapat membuat anda tidak nyaman. Daun kemangi yang di jus dapat membantu meringankan kurap dan penyakit kulit lainnya. Hal ini juga telah berhasil dicoba oleh beberapa naturopaths dalam pengobatan leucoderma.

Nah, tidak hanya sebagai menu lalapan saja, rupanya daun kemangi mampu menangani beberapa jenis penyakit. Dapatkan manfaatnya dengan konsumsi daun kemangi secara rutin. Semoga bermanfaat!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)