Simak Cara Hilangkan Hidung Tersumbat dengan Cepat Tanpa Obat!

30 April 2019 Artikel Kesehatan


Hidung tersumbat adalah gejala flu dimana adanya lendir berlebih di rongga hidung. Ketika terserang flu, kita akan mulai merasa tidak nyaman di bagian hidung dan tenggorokan. Lama kelamaan hidung jadi tersumbat, keluar ingus, dan bersin terus - menerus. Hal ini membuat kita tidak nyaman dalam bernafas dan mengganggu aktivitas.

Tak perlu khawatir, hidung tersumbat bisa dicegah dengan cepat. Anda tidak perlu minum obat, cukup lakukan hal sederhana seperti berikut:

1. Merendam kaki

Sebelum tidur, tuangkan air hangat ke satu wadah dan rendam kaki Anda. Anda akan merasakan suhu panas pelan - pelan naik ke seluruh tubuh. Lakukan setiap hari selama 15 menit.

2. Keluarkan ingus pada satu sisi hidung

Biasanya jika hidung kita tersumbat, kita bergegas mengeluarkan ingus dengan meniupkan kedua lubang hidung dengan kencang. Namun, sebuah penelitian di University of Virginia mengungkapkan hal tersebut akan memperparah kondisi. Disarankan untuk meniup satu lubang hidung saja. Keluarkan secara perlahan, bila terlalu kencang dapat melukai rongga dan berdarah.

3. Gunakan uap air

Tuangkan air panas ke dalam suatu wadah. Gunakan wadah dengan ukuran lebih besar dari wajah Anda. Dekatkan wajah Anda ke permukaan air. Tutup kepala Anda dengan handuk agar air menguap tepat ke wajah.

4. Neti pot

Mengairi hidung dapat memberi pertolongan cepat terhadap hidung tersumbat tanpa obat - obatan. Cobalah menggunakan neti pot. Neti pot bekerja dengan menipiskan lender dan mengeluarkannya dari rongga hidung. Isi neti pot dengan air suhu suam - suam kuku dan larutkan satu sendok teh garam. Miringkan kepala Anda 45 derajat dan arahkan ujung neti pot pada lubang hidung paling atas. Larutan garam akan masuk ke dalam rongga hidung dan keluar melewati lubang hidung satunya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags