Simak Cara Alami Sembuhkan Influenza pada Bayi

13 November 2018 Artikel Kesehatan


Untuk menyembuhkan dari berbagai macam penyakit yang menyerang pada bayi, sebaiknya Anda harus berhati-hati. Bukan saja bisa membahayakan kesehatan si kecil, pemberian obat juga dapat memperparah sakit yang diderita.

Dengan cuaca dan udara yang sedang tidak bersahabat, si kecil bisa saja terserang influenza. Untuk Anda orangtua, sebaiknya jangan dulu jadikan obat sebagai solusi praktis untuk menangani flu pada bayi.

Nah, untuk menangani hal tersebut, simak cara alami sembuhkan flu pada bayi berikut ini

Meninggikan posisi kepala

Saat pilek, pernapasan bayi otomatis akan terganggu dan membuat si kecil tidak nyaman. Cobalah atur posisi kepala bayi saat tidur dengan sedikit meninggikan bantalannya. Hindari memakai bantal untuk menopang bayi karena hal ini berisiko menyebabkan bayi mengalami mati lemas akibat terhalang jalan napas. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan membiarkannya tidur di kursi mobil khusus bayi (infant car seat) dalam posisi semi tegak.

Kamar uap hangat

Salah satu alternatif lain yang bisa Anda coba kala si kecil terserang influenza adalah dengan menciptakan kamar uap yang hangat. Hal ini disarankan seorang dokter anak untuk mengurangi sukarnya hidung bayi bernapas ketika flu. Buat kamar mandi dengan suhu hangat yang diciptakan dari shower hangat. Temani Si Kecil duduk di dalam kamar mandi tersebut selama sekitar 15 menit. Hal ini dilakukan agar bayi yang sedang pilek bisa menghirup uap hangat yang mengisi ruangan.

Menjauhkan bayi dari kondisi dehidrasi

Untuk bayi yang terserang flu, jangan biarkan ia mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk bayi yang berusia kurang dari empat bulan, hanya ASI atau susu formula yang dibutuhkannya. Tambahkan sedikit air putih selain ASI untuk bayi yang sudah berusia empat bulan. Bagaimana dengan jus buah-buahan? Jus yang diencerkan dengan air putih boleh saja diberikan kepada bayi dengan syarat bahwa dia sudah berusia enam bulan ke atas.

Redakan hidung tersumbat

Hidung tersumbat saat flu memang sangat mengganggu, terlebih hal tersebut dialami oleh si bayi. Maka dari itu, agar bayi tidak terlalu tersiksa dengan hidung tersumbat, dokter anak menyarankan untuk menggunakan aspirator hidung atau semprotan hidung yang mengandung garam. Hal ini diharapkan mampu melegakan tenggorokan dari aliran lendir dan membersihkan hidung dari ingus.

Namun, jika dirasa timbul gejala atau kondisi si bayi tak kunjung membaik, jangan sungkan untuk bawa si kecil dan periksakan ke dokter.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)