Simak Beberapa Makanan yang Wajib Dihindari bagi Penderita Asma

9 Juni 2016 Artikel Kesehatan


Mengalami gangguan pernafasan seperti asma memang sedikit menyiksa. Penyakit ini pun tidak memandang usia. Anak-anak maupun orang dewasa dapat mengalaminya. Penyebab utama asma sendiri sebenarnya adalah alergi.

Biasanya, pengobatan asma dilakukan dengan memberikan obat maupun spray asma. Nah, untuk menjaga agar penyakit asma yang diderita memburuk, ada beberapa makanan yang wajib Anda hindari bagi penderita asma.

Seperti dilansir oleh boldsky.com berikut merupakan beberapa makanan yang harus Anda hindari:

Kurangi Asupan Makanan Protein Hewani

Jika tidak ingin kondisi asma memburuk, Anda diharuskan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung protein hewani seperti daging dan juga susu. Ikan dan telur juga harus Anda hindari karena makanan tersebut bisa memicu asma Anda jadi lebih parah.

Sodium atau MSG

Hindari asupan yang mengandung sodium serta MSG terlalu berlebihan dalam tubuh. Hal ini akan berisiko menyebabkan gangguan pernafasan. Makanan seperti snack, keripik kentang dan kentang goreng siap saji adalah makanan yang harus Anda hindari jika tidak ingin asma yang diderita memburuk.

Minuman Bersoda

Penderita asma juga sebaiknya menghindari pengonsumsian minuman bersoda. Soft Drink seperti ini bisa meyebabkan penyakit asma memburuk.

Nah, itulah beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari jika tidak ingin asma Anda memburuk. Jalani pola hidup sehat, serta olahraga yang cukup adalah kunci hidup sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)