Simak 5 Khasiat Luar Biasa dari Tanaman Lempuyang bagi Kesehatan

15 Januari 2016 Artikel Kesehatan


Meski terdengar asing, tanaman lempuyang rupanya menyimpan khasiat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh. Tumbuhan ini banyak tumbuh di daerah pedesaan dan biasa juga dikenal dengan nama daerah lempuyang kapur, lempuyang paek dan lempuyang kebo.

Ingin tahu apa saja khasiat dari tanaman lempuyang bagi kesehatan? Simak artikel berikut.

Kurang darah (anemia)

Dibalik tanaman yang terlihat biasa ini, rupanya lempuyang bisa menjadi obat bagi Anda yang kekurangan darah atau anemia. Caranya,cuci bersih 5 g umbi lempuyang wangi, 10 g kunyit, 30 g daun pepaya, 30 g meniran, 30 g daun bayam duri dan 10 g poko (menta). Rebus bahan tersebut dengan 800 ml air sampai tersisa 400 ml. Saring air rebusannya, lalu minum tiga kali sehari secara rutin.

Encok

Kandungan lempuyang juga mampu menghilangkan dan meredakan rasa encok pada tubuh. Cuci bersih 5 g umbi lempuyang wangi, 4 buah cabai rawit, dan 10 butir lada, lalu tumbuk sampai halus. Seduh dengan 150 ml air panas, saring, dan minum airnya sekaligus saat hangat.

Menambah nafsu makan

Untuk menambah nafsu makan, cuci bersih 10 g umbi lempuyang wangi, lalu parut. Tambahkan 200 ml air panas dan garam secukupnya. Saring dan minum airnya sekaligus satu kali sehari.

Malaria

Ingin terhindar dari malaria? cuci bersih 10 g umbi lempuyang wangi dan 4 kuntum putik mengkudu, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 200 ml jus buah nanas dan garam secukupnya. Saring dan minum airnya sebanyak 100 ml dua kali seminggu.

Influenza

Apalagi kini masuk musim penghujan, penyakit influenza dengan mudah dapat menyerang Anda. Dengan lempuyang, cuci bersih 5 g umbi lempuyang wangi, 3 buah cabe jawa, dan 5 g jahe, lalu tumbuk sampai halus. Rebus hasil tumbukan dengan 600 ml air sampai tersisa 300 ml. Saring dan minum airnya sekaligus satu kali sehari saat hangat.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)