Sikat Gigi Sebelum Tidur Belum Jadi Kebiasaan

14 September 2009 Artikel Kesehatan


Menyikat gigi sebelum tidur belum jadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Survei Indonesia Basic Health Research/RISKEDA tahun 2007 menunjukkan, 90,7 persen orang menggosok gigi saat mandi dan di sore hari.

Padahal, menurut drg.Zaura Rini Anggraini, Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), waktu menyikat gigi yang benar adalah setelah makan dan sebelum tidur. Sayangnya menurut data terbaru yang dikeluarkan DepKes RI tersebut, baru 7,3 persen orang yang menggosok gigi di waktu yang benar.

Dari jumlah tersebut, kaum perempuan lebih banyak (31,6 persen) yang menyikat giginya sebelum tidur dibanding laki-laki (25,5 persen).

Kurangnya kesadaran masyarakat akan perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut secara benar tersebut menyebabkan penyakit gigi menempati urutan pertama dari 10 penyakit yang paling sering dikeluhkan.

"Sakit gigi membuat produktivitas kita terganggu sekitar 4 hari. Pada anak-anak dampaknya adalah terganggunya konsentrasi belajar dan susah makan," kata Rini dalam acara hari Kesehatan Gigi dan Mulut sedunia yang digagas oleh PDGI dan Pepsodent di Jakarta (11/9).

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia yang jatuh pada tanggal 12 September dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Penyakit gigi dan mulut sebenarnya mudah dicegah, namun seringkali diabaikan perawatannya. Padahal, kesehatan secara umum dimulai dari kesehatan gigi yang baik.

AN

Sumber: Kompas.Com