Sibuk Jadi Alasan Tak Terapkan Gaya Hidup Sehat

16 Maret 2012 Artikel Kesehatan


Sebuah survei terbaru dari American Heart Association (AHA) menemukan, kurangnya waktu menjadi menjadi alasan utama mengapa hanya 12 persen orang dewasa Amerika yang secara teratur menjalankan kebiasaan hidup sehat seperti makan yang benar, berolahraga, dan menyikat gigi. Meski survei ini terjadi di Amerika, namun rendahnya kesadaran melakukan gaya hidup sehat juga ditemui di tanah air.

Survei menemukan bahwa sebanyak 80 persen responden mengaku berusaha keras untuk makan setidaknya sembilan porsi buah dan sayuran sehari, dan sekitar 60 persen mengatakan mengalami kesulitan mendapatkan waktu untuk berolahraga sebagaimana yang direkomendasikan - setidaknya 150 menit seminggu untuk aktivitas sedang, seperti jalan cepat.

Survei tersebut juga menunjukkan, sebanyak 25 persen responden tidak pernah menyikat gigi mereka setidaknya dua kali sehari, seperti yang direkomendasikan.

Namun sisi positifnya, hasil survei memperlihatkan bahwa 90 persen responden mengaku bahwa mereka ingin meningkatkan derajat kesehatan mereka.

"Dengan berjalan kaki selama 30 menit , makan lebih banyak buah dan sayuran, menyeimbangkan kalori, melakukan aktivitas fisik untuk mencapai berat badan yang ideal atau menjaga kebersihan mulut - itu semuanya memberikan kontribusi untuk gaya hidup sehat secara keseluruhan," kata juru bicara AHA, Dr Tracy Stevens, seorang profesor dan ahli jantung, Saint Luke Cardiovascular Consultan, Kansas City.

Sumber: healtdaynews, kompas.com