Si Sulung Lebih Rentan Alergi

23 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Bagi anda yang merupakan anak pertama, sebuah penelitian terbaru mengemukakan bahwa anak sulung ternyata lebih rentan terhadap alergi.

"Kami berkesimpulan bahwa urutan kelahiran menentukan tingkat ketahanan terhadap alergi," kata Takashi Kusunoki, seorang dokter anak di Shiga Medical Centre di Kyoto University, Jepang.

Kusunoki dan rekan-rekannya melihat signifikansi efek urutan kelahiran pada prevalensi asma, dermatitis atopik, rinitis alergi, konjungtivitis alergi, dan alergi terhadap makanan.

Para orang tua dari sekitar 13 ribu anak usia 7-15 lalu disurvei. Hasilnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam prevalensi asma atau dermatitis atopik menurut urutan kelahiran. Namun, prevalensi rinitis, konjungtivitis dan alergi makanan menurun secara signifikan seiring dengan urutan kelahiran.

Contoh, prevalensi alergi makanan sebesar 4 persen pada anak sulung, 3,5 persen pada anak kedua, dan 2,6 persen pada anak yang lahir kemudian. Efek yang sama juga diamati pada bayi, khususnya alergi makanan.

Karena kasus alergi makanan diketahui menurun secara signifikan seiring dengan urutan kelahiran, peneliti pun berkesimpulan bahwa urutan kelahiran memiliki efek terhadap ketahanan bayi saat lahir.

Sumber: mediaindonesia.com