Si Kecil Pakai Odol Orang Dewasa? Hati-Hati Bahaya!

15 April 2018 Artikel Kesehatan


Kata siapa anak memakai pasta gigi orang dewasa tak memberi efek buruk. Nyatanya, anak bisa mengalami masalah gigi sampai keracunan. Benarkah?

Seperti yang dikutip dari health.okezone.com anak yang menggunakan pasta gigi dewasa memberi sejumlah efek buruk, baik pada gigi dan masalah kesehatan. Hal itu bisa terjadi karena kandungan pasta gigi orang dewasa berlebihan untuk jenis gigi anak.

Diterjen pada odol dewasa itu lebih banyak yang digunakan agar gigi jadi lebih bersih. Flornya juga berbeda bila dibandingkan odol untuk anak-anak. Efeknya bila dipakai anak bisa mengalami llorosis, giginya bisa berwarna cokelat, kemudian gigi mengalami hipokalsifikasi (bercak putih yang tampak pada gigi tetap).

Yang lebih bahaya lagi, anak bisa mengalami keracunan akibat flor. Bentuk keracunan ini adalah muntah-muntah. Karena flor merupakan bahan kimia.

Agar anak terhindar kondisi itu, kuncinya ialah orangtua memberikan pasta gigi sesuai umur dan memerhatikan pasta gigi yang dipakai tak berlebihan. Yang ukurannya adalah sebutir jagung yang kemudian dioleskan rata di permukaan sikat gigi.

Nah, jadi orang tua memegang peranan penting untuk si kecil.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)