Seruan Mencegah Stroke

10 Mei 2011 Artikel Kesehatan


Setiap tahunnya 15 juta orang di seluruh dunia mengalami stroke. Di kawasan Asia Pasifik, pada tahun 2004 terdapat 5,1 juta orang yang terkena stroke untuk pertama kalinya. Angka ini lebih tinggi daripada angka kasus baru kanker.
Faktor risiko stroke memiliki banyak kesamaan dengan risiko serangan jantung, yaitu usia, jenis kelamin, tekanan darah tinggi, merokok, diabetes melitus, serta kadar kolesterol yang buruk.

Beberapa kondisi lain pada jantung dan pembuluh darah juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena stroke, misalnya gagal jantung kongesif atau gangguan irama jantung. Dengan kondisi tersebut jantung tidak mampu memompa darah secara efisien atau tidak dapat berdenyut secara teratur. Hal ini memicu terbentuknya penggumpalan darah pada salah satu bilik jantung.

Setiap tahunnya jutaan orang dengan gangguan irama jantung (atrial fibrilasi/AF) yang mengalami stroke akan menjadi lumpuh, tanpa memandang usia, kata Trudie Lobban, Pendiri dan Penyantun, Arrhythmia Alliance, dan Co-founder dan CEO, Atrial Fibrillation Association.

Stroke terkait AF lebih berbahaya, menyebabkan kelumpuhan yang lebih besar dan memiliki prognosa yang kurang baik dibanding stroke pada pasien tanpa AF. Untuk itu, para pakar jantung di Asia Pasifik belum lama ini berkumpul dalam acara Asia Pacific Congress of Cardiology (APCC) ke-18 yang antara lain mengusulkan agar diambil tindakan segera untuk mencegah stroke pada pasien atrial fibrilasi (AF) di Asia Pasifik.

Angka kejadian stroke di kawasan Asia Pasifik terus meningkat dan menimbulkan masalah kesehatan masyarakat serta beban ekonomi yang signifikan," kata Dr.Sim Kui Hian, kepala departemen kardiologi dan kepala pusat klinis RS Serawak, Malaysia, dalam siaran persnya.

Salah satu rekomendasi yang diberikan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak AF dan stroke, mengembangkan metode diagnosa dini untuk penilaian risiko stroke pada pasien AF, serta mengambil pendekatan baru untuk mencegah stroke pada pasien dengan AF.

Sumber: kompas.com