Sering Pegal di Leher Saat Beraktifitas? Ikuti Tips Berikut

13 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Banyak kegiatan yang dapat membuat Anda merasa pegal dan nyeri di leher. Kesibukan yang tidak diiringi olahraga yang teratur serta kurang gerak saat bekerja membuat Anda rentan mengalami pegal dan nyeri di bagian leher.

Namun, pada umumnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa pegal dan nyeri tersebut. Apa saja sih? Berikut tips yang dapat Anda gunakan sebagai pereda rasa nyeri dan pegal di bagian leher:

Buat gerakan peregangan tubuh

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan ialah dengan melakukan peregangan sehingga tubuh lebih rileks. Letakkan kedua tangan Anda di belakang punggung, genggam kedua tangan Anda. Lalu angkat hingga otot-otot bahu tertarik. Tahan selama beberapa detik, rilekskan tubuh, dan ulangi lagi beberapa kali hingga tubuh Anda terasa lebih nyaman.

Tidur dengan bantal yang tidak terlalu tinggi

Terkadang posisi tidur juga menjadi salah satu penyebab leher pegal dan nyeri. Cobalah tidur dengan 1 bantal saja dan tidak terlalu tinggi selama masih ada nyeri dan kaku di leher

Kompres dengan air hangat atau air es

Cara ini juga bisa Anda gunakan di rumah. Anda bisa menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat lalu dikompreskan di area leher yang pegal atau nyeri. Cara ini akan membuat sirkulasi darah lebih lancar. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan air es. Anda bisa mencoba keduanya untuk mencari tahu mana yang paling pas.

Lakukan olahraga leher

Putar leher Anda searah jarum jam 7-8 kali. Lalu ulangi dengan arah yang berlawanan dengan arah jarum jam. Tarik napas ketika memutar leher ke atas dan hembuskan ketika leher memutar ke bawah. Lakukan perlahan saja karena tujuannya adalah membuat otot leher lebih rileks dan tidak membuatnya makin stres.

Pijat

Jika memang sulit untuk dilakukan dan pegal masih dirasa, minta teman atau kerabat untuk memijat Anda. Pijatlah mulai dari otot di bagian bawah tengkorak kepala hingga ke punggung dan bahu. Karena pijatan akan membuat otot-otot Anda kembali rileks.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)