Sering Mimpi Buruk Tanda Stres

15 April 2011 Artikel Kesehatan


Pikiran yang tenang bisa membuat tidur kita lebih nyenyak. Semakin lama kita mengabaikan stres, makin berkurang juga kualitas tidur kita. Selain sulit tidur, sering dikejar mimpi buruk juga merupakan akibat dari stres.

Tidur merupakan masa-masa membangun sel-sel kehidupan bagi bayi yang sedang tumbuh pesat. Pada saat tidur tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan. Bunga tidur atau mimpi biasanya semakin positif dengan makin dalamnya tidur kita. Dengan demikian ketika kita terbangun tubuh akan terasa lebih segar dan mood lebih baik dari sebelum tidur.

Akan tetapi ketika kita sedang dilanda stres berkepanjangan, tidur pun tak lagi nyenyak karena kita akan sering terbangun. "Proses tidur akan terganggu sehingga mimpi-mimpi buruk lebih sering datang," kata Rosalind Cartwright, PhD, profesor psikologi dari Rush University Medical Center.

Untuk menyelamatkan diri dari stres, lakukan rileksasi di sela kesibukan dan buatlah prioritas masalah-masalah yang perlu penyelesaikan. Membiasakan diri untuk tidur cukup setiap hari juga bisa menjauhkan kita dari kelelahan dan stres.

Sumber: Prevention, kompas.com