Sering Menahan Buang Air Kecil? Ini Bahayanya!

22 Juli 2015 Artikel Kesehatan


Pernahkah Anda menahan untuk buang air kecil? Sebaiknya jangan! Biasanya ketika sedang sibuk, atau terjebak di tengah kemacetan membuat Anda terpaksa untuk menahan sedikit lebih lama untuk buang air kecil. Hal ini sebaiknya jangan dibiasakan, karena dapat menyebabkan infeksi.

Dilansir dari womenshealthmag.com, Benjamin Brucker, M. D., asisten profesor di jurusan urologi NYU Langone Medical Center memaparkan beberapa penjelasan mengenai dampak yang ditimbulkan akibat menahan untuk buang air kecil.

Lamanya Menahan Buang Air Kecil

Brucker menjelaskan bahwa biasanya wanita bisa menahan buang air kecil selama tiga hingga enam jam. Namun tidak semua wanita bisa melakukannya. Kemampuan tubuh untuk menyimpan air seni sebenarnya dipengaruhi beberapa hal. Hal tersebut tergantung dengan banyaknya air seni yang dimiliki orang yang dipengaruhi oleh kadar hidrasi dan asupan cairan, dan juga kapasitas kandung kemihnya yang ditentukan oleh besarnya kandung kemih dan sensitivitas kandung kemih tersebut.

Saat yang Tepat Buang Air Kecil

Kembali, Brucker menyarankan untuk buang air kecil pada 'saat yang tepat'. Karena, menahan buang air kecil bisa menjadi hal yang menyakitkan. Dengan kata lain, Anda memang sebaiknya langsung pergi ke toilet saat sudah terasa ingin buang air kecil. Diharapkan untuk tidak menunggu terlalu lama karena pekerjaan. Padahal toilet yang biasa Anda gunakan terjangkau. Jangan sampai ditahan terlalu lama yang malah bisa menimbulkan rasa sakit.

Apa sih Bahayanya?

Seperti Anda ketahui, semakin lama menahan kencing, kandung kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal dan kemungkinan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh.

Bakteri penyebab infeksi saluran kencing adalah bakteri yang berasal dari rektum atau anus yang dengan leluasa berpindah ke uretra. Wanita lebih rentan mengalami infeksi ini karena secara anatomis uretra wanita lebih pendek.

Bahkan kegiatan menahan buang air kecil ini memiliki efek yang sama dengan keracunan alkohol atau tidak tidur selama 24 jam terus menerus.

Pencegahan dan Pengobatan

Latihan kegel dan obat bisa diberikan untuk mengatasi kandung kemih yang terlalu sensitif. Semakin Anda sering banyak minum, maka Anda pun akan semakin sering buang air kecil. Intinya tetap cukupi asupan cairan tubuh dengan baik. Dan demi kebaikan tubuh, sebaiknya memang tak menahan untuk buang air kecil terlalu lama.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)