Sering Makan di Meja Kerja Bisa Berakibat Kegemukan?

16 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Banyak orang memilih makan di meja kerja agar menghemat waktu istirahat atau lebih praktis ketika mereka sedang bekerja. Kebiasaan ini sering dilakukan tanpa berpikir panjang. Padahal kebiasaan ini merupakan kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri sendiri.

Sebuah penelitian menemukan bahwa makan di meja kerja dapat membuat seseorang lebih cepat gemuk. Selain itu, kebiasaan tersebut juga bisa membuat seseorang kekurangan vitamin dan kolestrol pun meningkat.

"Kami menemukan partisipan yang makan di luar enam kali atau lebih dalam seminggu, memiliki indeks masa tubuh yang lebih tinggi, dan konsenstrasi lipoprotein (molekul yang menghancurkan kolestrol dari dalam darah) yang lebih rendah," kata pemimpin penelitian itu, Ashima Kant.

Selain itu, kebiasaan makan di meja kerja berdampak buruk bagi sistem pencernaan. Ketika makan di meja kerja, pikiran Anda terbelah antara bekerja dengan mencerna makanan. Hal ini menyebabkan aliran darah ke sistem pencernaan tidak lancar.Tubuh perlu merasa tenang saat makan sehingga tidak menimbulkan stress sistem pencernaan dan organ - organ lainnya.

Makan di meja kerja juga mempengaruhi posture tubuh. Ketika Anda makan di meja kerja, itu berarti Anda akan duduk lebih lama. Duduk terlalu lama di meja kera terutama bagian pundak, punggung, leher, dan kaki. Untuk itu, makan siang menjadi waktu yang tempat untuk beranjak dari meja kerja dan berjalan - jalan ke luar ruangan.Hal ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)