Sering Lupa? Coba Konsumsi Makanan Ini...

1 Juli 2013 Artikel Kesehatan


Apakah anda adalah salah satu dari sekian orang yang sering lupa? Wah ini tentu saja sangat disayangkan karena ingatan memang diperlukan dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Apalagi untuk anda yang masih duduk di bangku sekolah dan mengenyam pendidikan. Jika sering lupa dengan apa yang dipelajari pasti akan kebingungan ketika ujian telah tiba. Akibatnya nilai ujian anda seperti tangga nada seperti do, re, mi, fa & sol. Tentunya nilai ini tidak mau anda inginkan.

Tidak hanya kaum muda, orang setengah baya pun juga harus memperkuat daya ingat mereka ketika sedang melakukan sesuatu. Menjadi seorang yang pelupa memang tidak diinginkan semua orang. Banyak yang beranggapan bahwa orang pelupa memang pelupa dari ia sejak dilahirkan. Padahal mungkin ada nutrisi-nutrisi tertentu yang belum dilengkapi oleh orang pelupa tersebut.

Lupa adalah suatu kondisi dimana suatu informasi yang telah disimpan dalam memori otak jangka panjang hilang (Long Term Memory Loss).

Mengapa seseorang bisa lupa? Ada beberapa macam sifat lupa. Lupa bisa terjadi karena proses penyimpanan pada long term memory tidak dilakukan atau dilakukan secara tidak tepat atau tidak sempurna. Lupa jenis ini terjadi karena suatu informasi hanya disimpan pada memori otak jangka pendek (Short Term Memory) dan tidak diantarkan dengan mulus sampai long term memory.

Ada juga karena terjadinya pencampuran antara berbagai informasi yang otak kita proses. Informasi yang lama bercampur dengan informasi yang baru dan akhirnya mengganggu satu dengan yang lain, mengakibatkan hilangnya sebagian informasi lama dan baru tersebut.

Tidak hanya kebiasaan yang dapat menyembuhkan sifat pelupa namun dari makanan yang kita konsumsi pun juga dapat menyembuhkan sifat pelupa dalam diri kita. Setiap orang ingin memiliki daya ingat yang tajam. Semakin Anda bertambah usia, sangat penting bagi untuk memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi untuk menjaga kemampuan mental.

Ingin tahu makanan apa saja yang memperkuat daya ingat kita? berikut makanan yang dapat anda konsumsi untuk melawan sifat lupa.

1. Telur
Telur adalah salah satu makanan terbaik penghasil kolin. Kolin adalah prekursor kimia yang dibutuhkan untuk pembentukan neurotransmitter acetylcholine yang telah terbukti oleh penelitian membantu dalam perkembangan memori dan kecerdasan. Kolin juga merupakan komponen kunci dari asetilkolin, yang menjadi sarana pengiriman pesan antara saraf dan otak.

2. Rosemary
Secara tradisional, rosemary telah digunakan untuk meningkatkan memori. Minyak esensial rosemary juga sering digunakan dalam aromaterapi yang berfungsi untuk meningkatkan memori dengan mengurangi kecemasan dan menurunkan kadar kortisol yaitu hormon yang bekerja dalam tubuh manusia melawan rasa sakit, luka, infeksi, kepanasan, kedinginan, alergi, kekurangan oksigen, lapar, dan faktor-faktor yang meningkatkan suhu tubuh namun jika produksinya berlebihan, kortisol justru menyebabkan banyak permasalahan, seperti stres, gangguan tidur, membuat tubuh rentan terhadap infeksi, kelainan gula darah, dan bertambahnya berat tubuh.

3. Walnut
Walnuts atau kenari sering dianggap sebagai makanan bagi otak. Bukan hanya karena bentuknya yang seperti otak, tapi karena walnut juga merupakan sumber asam alfalinolenat yang sangat baik, yaitu jenis lemak omega 3 yang digunakan tubuh untuk membuat DHA yang diperlukan untuk meningkatkan memori. Walnut juga mengandung antioksidan yang disebut asam ellagic, yang membantu melindungi otak dari kerusakan radikal bebas.

4. Minyak ikan
Salmon, sardin, dan ikan berminyak lainnya kaya akan DHA (Docosa Haexaenoid Acid), jenis asam lemak omega 3 yang berperan penting mengoptimalkan kinerja otak dan memori. Minyak ikan ini akan menjaga selaput sel otak menjadi fleksibel sehingga pesan memori dapat mengalir dengan mudah melalui sel-sel. Makan ikan tiga kali seminngu dan mengonsumsi minyak ikan yang berkualitas baik akan membantu meningkatkan memori Anda.

5. Minyak kelapa
Minyak kelapa adalah jenis makanan sempurna karena mengandung asam lemak rantai menengah yang berlimpah. Kandungan ini merupakan sumber energi yang luar biasa bagi otak. Gunakan sekitar 20 ml minyak kelapa perhari untuk untuk ditambahkan pada minuman atau dicampurkan pada yoghurt Anda. Minyak kelapa juga sehat jika digunakan untuk memasak

6. Green Tea
Masyarakat di Cina telah lama percaya bahwa minum teh hijau baik untuk daya ingat. Ini dikarenakan teh hijau alami banyak mengandung zat kimia EGCG (epigallocatechin gallate-3), yang merupakan antioksidan kuat. EGCG bermanfaat untuk memerangi penyakit degeneratif yang berkaitan dengan usia, termasuk meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Minum 3 cangkir teh hijau organik setiap hari untuk mendorong kemampuan daya ingat Anda.

Jangan lupa seimbangkan dengan kebiasaan yang dapat melatih daya ingat anda seperti membaca, mengisi teka-teki silang dan masih banyak lagi hal yang dapat memperkuat daya ingat.

(Dikutip dari berbagai sumber)