Sering Kurang Tidur? Waspadai Akibatnya

20 Desember 2017 Artikel Kesehatan


Tidur adalah salah satu aktifitas manusia yang sangat penting. Kenapa tidur juga disebut aktifitas? Ya, tidur adalah salah satu aktifitas wajib yang harus dilakukan. Organ tubuh kita terus bekerja dan membutuhkan istrahat yang hanya didapat saat tidur. Ada pula organ tubuh yang dapat bekerja lebih optimal saat anda tertidur. Jika anda mempunyai kebiasaan kurang tidur, kesehatan anda pasti mudah drop. Sebab anda telah merusak jadwal kerja organ tubuh anda sendiri.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kurang tidur bisa mengganggu pertumbuhan sel-sel otak, termasuk penipisan sinapsis otak. Seperti yang kita ketahui, sinapsis sendiri adalah penghubung sel-sel saraf di mana komunikasi atau penyampaian impuls terjadi Dr.Chiara Cirelli dari Universitas Wisconsin mengatakan bahwa jika seseorang selalu kurang tidur dalam masa remajanya, ada kemungkinan akan terjadi masalah dalam hal kinerja otak .Karena masa remaja adalah masa perkembangan otak, jadi ketika otak selalu dipaksa bekerja dan jarang beristirahat, otak bisa saja menjadi rusak.

Berikut beberapa bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan:
1. Fokus dan konsentrasi berkurang. Dampak ini sangat masuk akal terjadi. Orang yang kurang tidur pasti lelah dan merasa kantuk. Bayangkan jika anda menyetir mobil saat mengantuk, pasti konsentrasi anda sangat terganggu. Hal ini juga berlaku untuk pelajar, saat belajar pun sulit untuk konsentrasi jika anda mengantuk atau letih karena kurang tidur.
2. Daya ingat menurun. Anda sering lupa mengingat barang-barang yang anda taruh sendiri, ketika hendak membutuhkan barang tersebut. Ini di mungkinkan pula akibat anda kurang tidur di malam hari. Cobalah pikirkan sendiri, sudah cukupkah tidur malam anda selama ini.
3. Akibat kurang tidur memicu penyakit berbahaya. Berbagai penyakit akan menghampiri anda seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke bahkan diabetes. Hal ini karena banyak organ dalam yang bekerja saat anda tidur. Sementara anda kurang tidur, jadwal organ dalam pun menjadi tidak teratur.
4. Mudah mengalami stress.Sering marah-marah tidak jelas dan kelihatan sering murung di sela waktu aktivitas anda sehari-hari.
5. Kesehatan Kulit dan Mata. Dalam hal ini, kulit anda akan kelihatan pucat dan kusam serta kerutan halus yang nampak pada kulit anda dan mata anda terlihat bengkak.
6. Akibat tidur yang terakhir yaitu obesitas atau kegemukan. Ketika kita selalu terjaga di malam hari, maka akan terjadi peningkatan rasa lapar dan hasrat atau nafsu makan yang selalu ingin tersalurkan yang akan memicu obesitas atau kegemukan dengan berat badan yang berlebih dari ukuran ideal.

Beberapa masalah membuat orang ingin begadang diantaranya, punya masalah, ada kerjaan belum selesai, asik nonton atau berlayar internetan, atau ingin begadang menikmati sunyinya malam. Tapi, janganlah mengabaikan bahwa begadang tidak mempunyai efek negatif. Karena diatas sudah dijelaskan penyakit akibat sering begadang. Jadi, jagalah tidur anda dengan senormal mungkin.

Oleh: Josua
(Dikutip dari berbagai sumber)